Purwanto, Panji (2024) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DI JONAS PHOTO MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESHAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
Cek plagiat.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (621kB) |
![]() |
Text
TA_Panji Purwanto_2111201038.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
TA_Panji Purwanto_2111201038.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Bisnis jasa fotografi sudah berkembang menjadi sangat pesat dengan semakin banyaknya penyedia jasa fotografi yang menawarkan jasa mereka dalam berbagai bidang, termasuk fotografi pernikahan dan pemodelan foto, yang berkontribusi pada peningkatan industri ini. Industri fotografi mengalami pertumbuhan yang luar biasa seiring dengan perluasan dunia digital, menurut salah satu media online. Peluang dapat muncul dengan sendirinya dalam bentuk permintaan yang kuat untuk layanan fotografi. Sebagai hasilnya, dapat ditemukan sejumlah fotografer di lokasi perkotaan dan pedesaan. JONAS Photo hadir sebagai perusahaan yang menawarkan produknya yang berupa jasa (jasa pemotretan) dan barang (hasil foto). JONAS Photo mengalami penurunan minat konsumen dari tahun 2021 hingga 2023. Minat konsumen pada tahun 2023 menjadi yang paling sedikit. Begitu juga jumlah order JONAS Photo dari 3 tahun terakhir mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan di JONAS Photo dengan menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance Analysis (IPA). Metode SERVQUAL digunakan untuk mengukur persepsi dan harapan terhadap kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi: reliability (kehandalan), empathy (empati), responesiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan tangibles (bukti fisik). Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengidentifikasi atribut – atribut yang perlu diperbaiki berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja saat ini. Penelitian ini melibatkan 125 responden yang terdiri dari pelanggan JONAS Photo Jalan Banda No. 38, Bandung. Hasil analisis menunjukkan nilai SERVQUAL pada pelayanan di JONAS Photo yaitu pada dimensi reliability (kehandalan) sebesar 0,868, empathy (empati) sebesar 0,895, responesiveness (daya tanggap) sebesar 0,912, assurance (jaminan) sebesar 0,929, dan tangibles (bukti fisik) sebesar 0,915.Metode IPA menunjukkan atribut yang perlu diperbaiki fokus utama pada perbaikan ada pada kuadran I pelayanan di JONAS Photo yaitu dalam memproses komplain pelanggan dengan cepat bila ada keterlambatan waktu selesai order, cacat produk, kesalahan pengeditan foto, dan lain – lain. Usulan inovasi yang dapat dilakukan JONAS Photo yaitu dengan mengadakan paket photo studio ke rumah pelanggan dan photo studio dengan menyediakan pakaian adat dari daerah daerah yang ada di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STI.24.0029 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Metode Service Quality, Metode Importance Performance Analysis |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | Panji Panji Purwanto |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 06:46 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 06:46 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |