Siti Sa'adah, Silvia Nurul (2018) REPRESENTASI FURNITURE RUMAH YANG NYAMAN (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Televisi Hidupkan Rumah). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
![]() |
Text
COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (82kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Silvianss.docx - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (55kB) |
Abstract
Banyak iklan yang bermunculan dengan tema-tema yang unik dan menarik hingga menjadi viral di kalangan masyarakat. Hal tersebut menggambarkan iklan mudah diterima oleh masyarakat, terutama iklan yang memiliki keunikan. iklan merupakan sebuah bentuk promosi atau penyampaian pesan, dimana pesan tersebut berisi informasi tentang suatu produk, baik barang maupun jasa yang ingin ditawarkan kepada masyarakat. Salah satu perusahaan yang sering membuat iklan yang unik adalah IKEA yakni perusahaan yang bergerak di bidang furniture atau perabot rumah. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat Sign, Object dan Interpretant dalam iklan yang dibuat IKEA edisi Hidupkan rumah berdasarkan semiotika Charles Sanders Peirce. Serta mendeskripsikan representasi rumah yang nyaman berdasarkan semiotika Charles Sanders Peirce. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Melihat Sign, Object dan Interpretant yang ada dalam iklan hidupkan rumah dianalisis dari potongan gambar, tulisan dan suara dalam iklan tersebut. Hasilnya iklan hidupkan rumah berdurasi 62 detik dengan 26 scene dan speech selama iklan berlangsung. Petanda yang dianalisis yakni kenyaman rumah dilihat dalam beberapa aspek diantaranya suasana, keindahan, cahaya dan warna. Aktor atau pemain dalam iklan tersebut terdiri dari 32 orang. Iklan hidupkan rumah menceritakan tentang orang-orang yang telah seharian lelah bekerja kemudian pulang melewati kemacetan dan akhirnya sampai dirumah disambut dengan suasana rumah yang hangat. Simpulan dari Iklan hidupkan rumah merepresentasikan rumah yang nyaman adalah ruangan yang multifungsi, tidak terlalu banyak perabotan rumah, pencahayaan yang cukup saat siang hari dan lampu yang modern namun sederhana untuk malam hari. Serta perpaduan warna antara warna yang netral dengan warna yang terang untuk membuat suasana lebih hidup. Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan dalam rumah yang nyaman seperti berkumpul, bermain, yoga, mengerjakan tugas, bersantai dan merayakan pesta kecil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.18.0002 |
Uncontrolled Keywords: | SIK.18.0002 |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | mr user unggah |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:53 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:53 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6452 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |