Esti Wardani, Rita (2024) EVALUASI ALUR PROSES PELAKSANAAN INSPEKSI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DALAM PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK OPERASI (SLO) DI PT PLN (PERSERO) PUSAT SERTIFIKASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (131kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (186kB) |
|
Text
Tugas Akhir Rita Esti Wardani-Skripsi Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (203kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (121kB) |
Abstract
Salah satu syarat bagi suatu pembangkit listrik untuk dapat beroperasi adalah dengan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). Sertifikat Laik Operasi (SLO) adalah bukti pengakuan formal dari suatu instalasi tenaga listrik yang telah berfungsi sebagaimana kesesuaian persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan permen ESDM 21 tahun 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah keterlambatan dalam penerbitan Sertifikat Laik Operasi (SLO) di PLTD Wilayah Indonesia Bagian Timur. Masalah utama yang diidentifikasi adalah keterlambatan dalam penyelesaian pending item yang diperlukan untuk penerbitan SLO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor - faktor penyebab keterlambatan, mengevaluasi kesesuaian prosedur kerja dengan regulasi yang ada, dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk proses penerbitan SLO yang lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data yang mencakup evaluasi umpan balik dari pelanggan serta analisis kinerja inspektor. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden (84%) merasa sangat puas dengan kinerja inspektor di lapangan, sementara hanya sebagian kecil (3%) yang kurang puas. Penelitian ini juga menemukan bahwa komunikasi yang lebih baik terkait proses inspeksi dan implementasi sistem berbagi pengetahuan (knowledge sharing) dapat mempercepat penyelesaian kasus serupa di masa depan. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses penerbitan SLO di PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi. Kata kunci : SLO, PLTD, Inspeksi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STI.24.0017 |
Uncontrolled Keywords: | SLO, PLTD, INSPEKSI |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | Rita Esti Wardani |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 02:43 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 02:43 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4915 |
Actions (login required)
View Item |