EVALUASI ALUR PROSES PELAKSANAAN INSPEKSI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DALAM PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK OPERASI (SLO) DI PT PLN (PERSERO) PUSAT SERTIFIKASI

Esti Wardani, Rita (2024) EVALUASI ALUR PROSES PELAKSANAAN INSPEKSI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN DALAM PENERBITAN SERTIFIKAT LAIK OPERASI (SLO) DI PT PLN (PERSERO) PUSAT SERTIFIKASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB)
[img] Text
Tugas Akhir Rita Esti Wardani-Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (121kB)

Abstract

Salah satu syarat bagi suatu pembangkit listrik untuk dapat beroperasi adalah dengan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). Sertifikat Laik Operasi (SLO) adalah bukti pengakuan formal dari suatu instalasi tenaga listrik yang telah berfungsi sebagaimana kesesuaian persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan permen ESDM 21 tahun 2021. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah keterlambatan dalam penerbitan Sertifikat Laik Operasi (SLO) di PLTD Wilayah Indonesia Bagian Timur. Masalah utama yang diidentifikasi adalah keterlambatan dalam penyelesaian pending item yang diperlukan untuk penerbitan SLO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor - faktor penyebab keterlambatan, mengevaluasi kesesuaian prosedur kerja dengan regulasi yang ada, dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk proses penerbitan SLO yang lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data yang mencakup evaluasi umpan balik dari pelanggan serta analisis kinerja inspektor. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar responden (84%) merasa sangat puas dengan kinerja inspektor di lapangan, sementara hanya sebagian kecil (3%) yang kurang puas. Penelitian ini juga menemukan bahwa komunikasi yang lebih baik terkait proses inspeksi dan implementasi sistem berbagi pengetahuan (knowledge sharing) dapat mempercepat penyelesaian kasus serupa di masa depan. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses penerbitan SLO di PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi. Kata kunci : SLO, PLTD, Inspeksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STI.24.0017
Uncontrolled Keywords: SLO, PLTD, INSPEKSI
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Rita Esti Wardani
Date Deposited: 02 Dec 2024 02:43
Last Modified: 02 Dec 2024 02:43
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4915

Actions (login required)

View Item View Item