Pratama putri, Devani (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU RUMAH BUMN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS UMKM BINAAN ( Studi Kasus pada akun instagram @rumahbumn.bandung). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
skripsi revisi devani pratama p ttd.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12. DAFATR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui media sosial Instagram dalam upaya meningkatkan brand awareness di Rumah BUMN Bandung. Di era digital saat ini, media sosial, khususnya Instagram, telah menjadi platform krusial bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun citra merek. Namun, tidak semua UMKM mampu memaksimalkan potensi media sosial secara efektif. Oleh karena itu, Rumah BUMN Bandung berperan sebagai fasilitator dan pendamping bagi UMKM binaannya dalam memanfaatkan Instagram sebagai sarana promosi digital. Pendekatan Integrated Marketing Communication (IMC) yang diterapkan Rumah BUMN Bandung terlihat jelas melalui sinergi antara advertising (promosi visual di Instagram), Word of Mouth Marketing (antusiasme UMKM untuk dipromosikan), dan Event & Experience Marketing (promosi produk dalam kegiatan pelatihan dan bazar). Meskipun efektivitas dalam peningkatan penjualan langsung masih memerlukan evaluasi lebih lanjut, strategi ini terbukti berhasil dalam meningkatkan brand awareness UMKM binaan. Konsistensi dalam pembuatan konten berkualitas, interaksi aktif dengan audiens, dan dukungan visual yang menarik menjadi kunci keberhasilan strategi pemasaran digital ini dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan memperkuat posisi UMKM di tengah persaingan digital. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk menggali data secara mendalam melalui observasi, wawancara dengan informan kunci (Koordinator dan Staf Administrasi Rumah BUMN Bandung), serta informan pendukung (pemilik UMKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Rumah BUMN Bandung melalui Instagram sangat efektif. Strategi ini mencakup pemanfaatan konten visual yang menarik (foto dan video produk, Reels), konten edukatif (informasi pelatihan dan kunjungan), serta konten interaktif (Instagram Stories, polling, Q&A). Selain itu, Rumah BUMN Bandung juga mengoptimalkan kolaborasi antara akun utama (@rumahbumn.bandung) dan akun katalog (@katalog.rumahbumnbandung), serta memanfaatkan platform lain seperti TikTok untuk memperkuat jangkauan promosi. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, UMKM, Instagram, Brand Awareness, Rumah BUMN
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.25.0060 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, UMKM, Instagram, Brand Awareness, Rumah BUMN Bandung |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mrs Devani Devani pratama putri |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 04:49 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 04:49 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |