Nur Aini, Hana (2025) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA EDUKASI (STUDI KASUS PADA MADU TAMAN BUNGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
|
Text
COVER SKRIPSI HANA NUR AINI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (21kB) |
|
|
Text
Halaman pengesahan Hana Nur Aini 3112211110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (161kB) |
|
|
Text
Lembar pernyataan Hana Nur Aini 3112211110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (129kB) |
|
|
Text
ABSTRAK HANA NUR AINI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20kB) |
|
|
Text
BAB I HANA NUR AINI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (569kB) |
|
|
Text
SKRIPSI FULL HANA NUR AINI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA HANA NUR AINI.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (156kB) |
|
|
Text
Plagiarisme Hana Nur Aini.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran melalui media sosial yang dilakukan oleh Madu Taman Bunga sebagai salah satu destinasi eduwisata di Kabupaten Sumedang. Latar belakang penelitian ini berangkat dari meningkatnya tren kunjungan wisata di Sumedang serta berkembangnya media sosial sebagai sarana utama promosi dan komunikasi dengan audiens. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi konten media sosial pada platform Instagram dan TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madu Taman Bunga menerapkan komunikasi pemasaran digital dengan mengacu pada marketing communication mix dalam kerangka Integrated Marketing Communication (IMC). Bentuk implementasinya terlihat pada penggunaan Instagram story, reels, carousel, serta konten TikTok yang menekankan pada storytelling, interaktivitas, dan penguatan citra edukasi. Selain itu, prakitk komunikasi dua arah melalui balasan komentar, repost, dan tanya jawab memperlihatkan relevansi dengan teori two-way symmetrical communication yang efektif dalam membangun keterlibatan (engagement) audiens. Word of mouth baik secara langsung maupun digital juga menjadi faktor penting yang mendukung peningkatan kunjungan. Namun penelitian ini juga menemukan sejumlah kendala, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan peralata dokumentasi, perubahan algoritma media sosial, serta inkonsistensi publikasi konten. Kendala tersebut mempengaruhi efektivitas komunikasi pemasaran meskipun upaya adaptasi dilakukan dengan mengikuti tren digital. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi pemasaran melalui media sosial terbukti mampu meningkatkan visibilitas dan daya tarik Madu Taman Bunga sebagai destinasi eduwisata. Penerapan IMC dan marketing communication mix, yang dipadukan dengan praktik komunikasi dua arah dan storytelling menjadikan media sosial tidak hanya sebagai alat promosi tetapi juga sarana edukasi dan pembangunan hubungan dengan audiens. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Integrated Marketing Communication, Eduwisata, Studi Kasus
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | SIK.25.0097 |
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Integrated Marketing Communication, Eduwisata, Studi Kasus |
| Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
| Depositing User: | Mr. Hana Nur Aini |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 03:54 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 03:54 |
| URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
