PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING SEORANG PUBLIC SPEAKING SPECIALIST (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @bicarapede)

Melani Solihat, Dita (2023) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING SEORANG PUBLIC SPEAKING SPECIALIST (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @bicarapede). Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
00. FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Personal Branding Seorang Public Speaking Specialist (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram @bicarapede) yang dilakukan dimana terhitung dari bulan Maret hingga Juli 2023. Dimana penelitian ini dilatar belakangi atas perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, kehadiran internet memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap gaya hidup dan aspek komunikasi masyarakat. Salah satunya dengan hadirnya media sosial instagram yang kini menjadi daya tarik dalam pembentukan personal branding. Dimana hal tersebut sebagai bentuk dalam meningkatkan dan mengkomunikasikan karakter dan kemampuan yang seseorang miliki. Penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan personal branding kian marak dilakukan. Salah satunya adalah Syaiful Muktapa pada akun instagram @bicarapede yang merupakan seorang public speaking specialist. Atas akun instagram @bicarapede, ia mempresentasikan dirinya sebagai seseorang yang memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam bidang public speaking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial instagram dalam pembentukan personal branding yang dilakukan oleh Syaiful Muktapa pada akun @bicarapede. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumen dengan menggunakan teknik keabsahan data yaitu triangulasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Syaiful Muktapa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa bentuk personal branding dari Syaiful Muktapa selaras dengan teori delapan konsep pembentukan personal branding (Peter Montoya, 2002) yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, visibilitas, kesatuan, keteguhan dan nama baik. Adapun alasan Syaiful Muktapa memilih sosial media instagram adalah sebagai wadah dalam mengekspresikan diri dan membentuk personal branding. Hambatan yang dirasakan Syaiful Muktapa pada akun media sosial instagram dalam pembentukan personal branding diantaranya adalah hambatan dalam menyesuaikan konten dengan jadwal, dalam memproduksi konten dan dalam mencari ide konten. Adapun untuk solusinya adalah menentukan target dengan menyesuaikan jadwal, menentukan cara dalam memproduksi konten dan adanya planning untuk lebih memikirkan ide dalam setiap konten yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.23.0010
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Media Sosial Instagram, Personal Branding, Public Speaking Specialist
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:20
Last Modified: 12 Dec 2023 03:05
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2928

Actions (login required)

View Item View Item