PENGARUH ULASAN PELANGGAN ONLINE DAN PERINGKAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK FASHION MONZAEMON DI PLATFORM SHOPEE

Wahyudi, Dicky (2025) PENGARUH ULASAN PELANGGAN ONLINE DAN PERINGKAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK FASHION MONZAEMON DI PLATFORM SHOPEE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
00. SKRIPSI DICKY WAHYUDI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
REPOSITORI .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (266kB)

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia, khususnya pada platform Shopee, telah mengubah pola belanja konsumen, di mana ulasan pelanggan dan peringkat produk menjadi faktor penting dalam pengambilan keputusan pembelian. Namun, masih terdapat permasalahan berupa keraguan konsumen terhadap keaslian ulasan serta kesesuaian peringkat dengan kualitas produk yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ulasan pelanggan online dan peringkat terhadap keputusan pembelian produk Fashion Monzaemon di Shopee. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Sampel terdiri dari 125 responden, dipilih melalui purposive sampling dari populasi 182 konsumen yang pernah membeli produk Monzaemon di Shopee. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS, meliputi uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji F simultan dan uji t parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan pelanggan online dan peringkat secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Fashion Monzaemon di Shopee, dengan kontribusi sebesar 81,5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kualitas informasi dalam ulasan dan semakin baik peringkat produk, semakin besar kecenderungan konsumen untuk membeli. Penelitian ini berbeda dengan penelitian terdahulu karena berfokus pada produk Fashion lokal merek Monzaemon, serta mengintegrasikan variabel ulasan pelanggan dan peringkat dalam satu model penelitian. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi empiris baru mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada platform e-commerce, khususnya untuk merek lokal. Kata kunci: Ulasan Pelanggan Online, Peringkat, Keputusan Pembelian, Shopee, Fashion Monzaemon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMN.25.0119
Uncontrolled Keywords: Ulasan Pelanggan Online, Peringkat, Keputusan Pembelian, Shopee, Fashion Monzaemon
Subjects: Skripsi S1 > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: mahasiswa dicky wahyudi dicky wahyudi
Date Deposited: 27 Nov 2025 06:28
Last Modified: 27 Nov 2025 06:28
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7684

Actions (login required)

View Item View Item