Septiani, Keni (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PT SMARTFREN TELECOM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI REGIONAL JAWA BARAT (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Media Instagram @smartfrenwestjava). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) |
![]() |
Text
(FIX) SKRIPSI Keni Septiani.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) |
![]() |
Text
Plagiarisme - Keni Septiani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT Smartfren Telecom dalam membangun brand awareness di Regional Jawa Barat melalui media sosial Instagram @smartfrenwestjava. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori brand awareness dari Hermawan (2014:57), yang menyatakan bahwa kesadaran merek merupakan kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat suatu merek dalam kategori produk tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi komunikasi yang dilakukan Smartfren regional mencakup penggunaan konten visual seperti video, poster, dan flyer yang konsisten serta mengikuti tren kekinian untuk menarik minat audiens. 2) Bentuk aktivitas komunikasi yang dipublikasikan meliputi kampanye digital, publikasi event offline seperti konser, fun run, sponsorship sekolah, dan kegiatan sosial. Strategi ini efektif dalam membangun keterhubungan emosional dengan audiens lokal dan meningkatkan brand recall. 3) Namun demikian, masih terdapat hambatan seperti kurangnya konsistensi unggahan, keterbatasan jangkauan di luar kota besar, serta minimnya sumber daya kreatif yang masih menggunakan talent eksternal dan kolaborasi digital. Penelitian ini merekomendasikan agar Smartfren regional meningkatkan konsistensi konten, memperluas kolaborasi dengan komunitas dan influencer lokal, serta mengoptimalkan strategi distribusi pesan untuk memperkuat posisi merek di benak konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.25.0071 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Brand Awareness, Media Sosial, Instagram, Smartfren. |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mrs KENI SEPTIANI |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:48 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:48 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |