ainun nidzar, melyan handasofy (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KOTA BANDUNG DALAM REVITALISASI PEDAGANG KAKI LIMA (Studi Kasus Cicadas Market Kota Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
revisi skripsi nidzar.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
CamScanner 15-01-2025 13.11.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (449kB) |
Abstract
ABSTRAK Pedagang kaki lima adalah bagian dari aktivitas ekonomi yang merupakan kegiatan pada sektor informal. Kegiatan ini timbul karena tidak terpenuhinya kebutuhan pelayanan oleh kegiatan formal yang mana kegiatan mereka sering menimbulkan gangguan terhadap lingkungannya dan sering dipojokan sebagai penyebab timbulnya berbagai permasalahan. Pertumbuhan kegiatan pedagang kaki lima yang cukup pesat tanpa adanya penanganan yang baik dapat mengakibatkan ketidakaturan tata kota. Selain itu banyak pedagang kaki lima yang menjalankan aktifitasnya ditempat-tempat yang seharusnya menjadi ruang publik sehingga menyebabkan alih fungsi menjadi ruang komersil. Revitalisasi sebagai upaya untuk meningkatkan nilai dan menghidupkan kembali pkl cicadas market melalui perbaikan sarana dan prasarana, serta intervensi sosial dan budaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung. Dengan tujuan untuk mewujudkan estetika, keindahan, dan kebersihan di Kota Bandung serta mengembalikan fungsi fasilitas umum sebagaimana fungsinya serta meningkatkan kualitas pkl agar dapat bersaing dengan pusat perbelanjaan dan toko modern.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemerintah terhadap revitalisasi yang diterapkan oleh Dinas Koprasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota bandung menggunakan sampel penelitian pada tahun 2019, serta mengetahui faktor - faktor pendukung maupun penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di dinas koprasi usaha mikro kecil dan menengah kota bandung serta di kawasan Cicadas Market (Jalan Ahmad Yani Cicadas Bandung). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data yang digunakan yaitu uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability) dan terakhir uji obyektivitas (confirmability).triangulasi mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa srategi komunikasi yang dilakukan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota Bandung melalui tahapan (1) riset, (2) perencanaan aksi, (3) tahapan komunikasi, (4) evaluasi,adapun faktor (1) terdapat dukungan dan kerjasama yang terjalin dari beberapa instansi terkait Sedangkan (2)Faktor penghambat: adanya Covid-19 ,pemurangan pedagang kaki lima,pengurangan pembeli Saran untuk pemerintah adanya pengawasan dan perhatian lebih dari pemerintah agar PKL memiliki peningkatkan kualitas serta perlu di adakan lagi pelatihan-pelatiham untuk pkl. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Revitalisasi, Pedagang Kaki Lima
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.25.0004 |
Uncontrolled Keywords: | strategi komunikasi,revitalisasi,pedagang kaki lima |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | mr melyan handasofy ainun nidzar |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 03:39 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 03:39 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |