PENGARUH OVERCONFIDENCE DAN AVAILABILITY BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA INVESTOR GEN-Z DI GALERI INVESTASI SE-BANDUNG RAYA DENGAN MENGGUNAKAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Mayesya, Yusevin Rossa (2025) PENGARUH OVERCONFIDENCE DAN AVAILABILITY BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA INVESTOR GEN-Z DI GALERI INVESTASI SE-BANDUNG RAYA DENGAN MENGGUNAKAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
3. LEMBAR PENYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
5. ABSTRA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB I-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
FINAL DRAFT SKRIPSI SIDANG AKHIR_(Yusevin Rossa Mayesya).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
plagiarisme .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi investor Generasi Z di pasar modal Indonesia yang meningkat signifikan hingga 37,5% (KSEI, 2024). Namun, keputusan investasinya sering dipengaruhi oleh bias perilaku dan rendahnya literasi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh overconfidence dan availability bias terhadap keputusan investasi dengan financial literacy sebagai variabel moderasi di kalangan investor Gen Z di Galeri Investasi se-Bandung Raya. Objek penelitian ini adalah Gen Z di Galeri Investasi se-Bandung Raya. Jenis data yang digunakan yakni data primer yang diperoleh observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepada 180 responden dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dan uji interaksi moderasi melalui SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, overconfidence dan availability bias yang dimoderasi oleh financial literacy berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi (F = 22,457; sig. = 0,000). Secara parsial, overconfidence tidak berpengaruh signifikan (t = -1,379; sig. = 0,170), sedangkan availability bias (t = 4,950; sig. = 0,000) dan financial literacy (t = 2,804; sig. = 0,006) berpengaruh signifikan. Financial literacy memoderasi pengaruh availability bias (t = -2,066; sig. = 0,040), namun tidak memoderasi overconfidence (t = 0,161; sig. = 0,872). Literasi keuangan berperan penting dalam meminimalisasi dampak negatif bias perilaku, khususnya availability bias, terhadap pengambilan keputusan investasi investor muda. Kata Kunci: Overconfidence, Availability Bias, Financial Literacy, Keputusan Investasi, Generasi Z

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMN.25.0090
Uncontrolled Keywords: Overconfidence, Availability Bias, Financial Literacy, Keputusan Investasi, Generasi Z
Subjects: Skripsi S1 > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mrs Yusevin Rossa Mayesya
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:56
Last Modified: 14 Nov 2025 08:03
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item