SRI RAHAYU, ELSA (2025) KONTEN LIVE STREAMING UNTUK MENDAPATKAN PENGHASILAN MELALUI JOGET “AYAM PATU” (Analisis Konten Pada Akun TikTok @Sadbor86). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA.
![]() |
Text
COVER NEW.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (155kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan scan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (129kB) |
![]() |
Text
lembar pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (121kB) |
![]() |
Text
abstrak-abstrac.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (206kB) |
![]() |
Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (401kB) |
![]() |
Text
ELSA SRI RAHAYU 3112211090 repository.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) |
![]() |
Text
Keterangan Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (106kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas fenomena meningkatnya penggunaan fitur live streaming di platform TikTok sebagai sarana alternatif untuk memperoleh pendapatan, khususnya melalui pemberian virtual gift dari audiens kepada kreator. Studi ini berfokus pada akun TikTok @Sadbor86 yang dikenal dengan konten joget khas “Ayam Patu” dan berhasil menarik perhatian publik serta menciptakan peluang ekonomi bagi komunitas lokal. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis konten non-partisipatif, penelitian ini mengamati secara sistematis isi konten, strategi komunikasi persuasif, serta interaksi audiens selama sesi live streaming. Analisis dilakukan pada aspek verbal, nonverbal, serta simbolik yang muncul dalam interaksi digital kreator dan audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang otentik, interaktif, dan menghibur mampu membangun kedekatan emosional serta loyalitas audiens. Strategi komunikasi persuasif berupa sapaan langsung, penggunaan humor lokal, dan apresiasi terhadap gift terbukti mendorong partisipasi aktif audiens dalam bentuk pemberian virtual gift. Selain itu, interaksi dua arah dalam live streaming memperkuat solidaritas komunitas digital sekaligus mendukung monetisasi konten kreator. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis bagi pengembangan kajian komunikasi digital dan analisis konten, serta manfaat praktis bagi kreator konten dalam merancang strategi komunikasi yang etis, kreatif, dan produktif di ruang digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.25.0036 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Konten, Live Streaming, TikTok, Virtual Gift, Komunikasi Persuasif. |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mrs Elsa Sri Rahayu |
Date Deposited: | 20 Sep 2025 01:44 |
Last Modified: | 20 Sep 2025 01:44 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |