REPRESENTASI MASKULINITAS POSITIF PADA MEDIA PROMOSI IKLAN KAHF (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Youtube Kahf Versi #PerjalananBerKahf)

CAHYADI RESDIANA, YADI (2024) REPRESENTASI MASKULINITAS POSITIF PADA MEDIA PROMOSI IKLAN KAHF (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Youtube Kahf Versi #PerjalananBerKahf). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (44kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (393kB)
[img] Text
3. LEMBVAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (352kB)
[img] Text
Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (107kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (149kB)
[img] Text
finale skripsi untuk unggah 200324 full watermark + cover.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB)
[img] Text
SK Cek Plagiasi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Maskulinitas Positif Pada Media Promosi Iklan Kahf (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Youtube Kahf Versi #PerjalananBerKahf)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk representasi maskulintas positif dalam potongan atau cuplikan video iklan produk Kahf versi #PerjalananBerKahf. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, agar peneliti mendapatkan gambaran detail dan memahami konteks atau makna dari objek penelitian yang diambil, dengan tahapan dalam pengumpulan data penelitian melalui observasi, dokumentasi, serta wawancara. Peneliti secara fokus mengeksplorasi dan mencoba memahami beberapa tangkapan audio visual dari video iklan yang dianggap mempunyai makna representasi maskulinitas positif, dengan teori semiotika Roland Barthes sebagai pisau bedah penelitian, peneliti berupaya untuk mengintepretasikan makna denotasi, makna konotasi, dan juga makna mitos yang ada dalam beberapa adegan dalam video baik itu gambar (visual) maupun suara (audio) kaitannya dengan representasi maskulinitas positif. Pembedahan pada beberapa adegan dalam Iklan Kahf versi #PerjalananBerKahf dalam penelitian ini, berhasil mengumpulkan data penelitian yang mampu dijelaskan melalui pemaknaan denotasi dari beberapa adegan yang dianggap memuat unsur sifat maskulinitas positif, dibalik pemaknaan denotasi, makna konotasi menjadi penerjemah makna yang subjektif dari peneliti karena menghasilkan sebuah antitesis konsep dari maskulinitas tradisional. Pemaknaan mitos maskulinitas positif dalam penelitain ini menjadi momentum pergeseran positif konsep maskulinitas dalam kacamata tradisional, seolah – olah menciptakan sebuah upaya perluasan ruang konsep maskulintas yang saat ini hanya terikat dan identik dengan kemampuan fisik, dominasi, ketangguhan emosional, dan kemandirian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.24.0002
Uncontrolled Keywords: Kahf, Maskulinitas Positif, Semiotika Roland Barthes
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: MR Yadi Cahyadi Resdiana
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:57
Last Modified: 27 Mar 2024 03:12
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3478

Actions (login required)

View Item View Item