STRATEGI RRI BANDUNG DALAM MENYIARKAN ADUAN MASYARAKAT TERKAIT PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Program “Halo RRI” Bandung)

Kurniawati, Vera (2025) STRATEGI RRI BANDUNG DALAM MENYIARKAN ADUAN MASYARAKAT TERKAIT PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus pada Program “Halo RRI” Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB)
[img] Text
3. LEMABR PENRYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI - VERA KURNIAWATI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[img] Text
Surat Plagiarisme - Vera Kurniawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (719kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi RRI Bandung dalam Menyiarkan Aduan Masyarakat Terkait Pelayanan Publik di Kota Bandung (Studi Kasus pada Program ‘Halo RRI’).” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan RRI Bandung dalam program “Halo RRI” sebagai media penyiaran aduan masyarakat, alasan hadirnya program tersebut, serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, serta analisis media sosial @pro1bdg. Teori yang digunakan adalah strategi program radio dari Morissan (2018), yang meliputi perencanaan, produksi, penayangan, dan evaluasi program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi dalam program “Halo RRI” berjalan melalui tahapan yang sistematis. Perencanaan melibatkan segmentasi audiens dan pemilihan isu pelayanan publik; produksi mencakup pengumpulan, penyaringan, dan penjadwalan aduan bersama narasumber; penayangan dilakukan dua kali seminggu secara live interaktif; sedangkan evaluasi dilakukan secara internal meskipun belum terstruktur. Tantangan utama yang ditemukan antara lain: evaluasi program yang masih informal, promosi program yang minim, keterbatasan saluran aduan (hanya WhatsApp dan voice note), kendala koordinasi narasumber karena jadwal instansi, serta kurangnya transparansi tindak lanjut aduan kepada masyarakat. Kesimpulannya, Halo RRI memiliki peran penting sebagai media interaktif yang menjembatani komunikasi publik antara masyarakat dan pemerintah, namun perlu penguatan strategi dalam promosi, diversifikasi kanal aduan, serta monitoring hasil tindak lanjut agar dapat lebih optimal. Rekomendasi penelitian ini ditujukan bagi RRI Bandung, instansi pemerintah, serta akademisi untuk mengembangkan kajian komunikasi publik berbasis media penyiaran. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Radio RRI Bandung, Pelayanan Publik, Halo RRI, Program Penyiaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0088
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Radio RRI Bandung, Pelayanan Publik, Halo RRI, Program Penyiaran.
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mrs Vera Kurniawati
Date Deposited: 27 Nov 2025 02:10
Last Modified: 27 Nov 2025 02:10
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7712

Actions (login required)

View Item View Item