Falah, Jihan Karmila Nur (2025) ANALISIS PERBANDINGAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2024 DAN AASTHO 1993 PADA PROYEK JALAN TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 2. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
![]() |
Text
1. COVER TUGAS AKHIR_JIHAN KARMILA NUR FALAH_2112211066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (174kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN_JIHAN KARMILA NUR FALAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (246kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN_JIHAN KARMILA NUR FALAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (447kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK_JIHAN KARMILA NUR FALAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (159kB) |
![]() |
Text
5. BAB 1_JIHAN KARMILA NUR FALAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (211kB) |
![]() |
Text
6. SKRIPSI FULL_JIHAN KARMILA NUR FALAH.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAAKA_JIHAN KARMILA NUR FALAH.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) |
![]() |
Text
8. SURAT KETERANGAN CEK PLAGIARISME_JIHAN KARMILA NUR FALAH.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Pembangunan jalan tol menjadi prioritas dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan konektivitas wilayah. Salah satu proyek strategis adalah Jalan Tol Serang–Panimbang Seksi 2 yang menggunakan perkerasan kaku tipe JPCP (Jointed Plain Concrete Pavement). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan ketebalan lapis perkerasan kaku menggunakan metode Manual Desain Perkerasan (MDP) Bina Marga 2024 dan metode AASHTO 1993. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data lalu lintas harian rata-rata tahun dasar 2020, prediksi tahun 2025, serta karakteristik tanah dasar dari proyek aktual. Metode AASHTO 1993 menggunakan pendekatan empiris dengan mempertimbangkan parameter lalu lintas (ESAL), kekuatan lentur beton, dan modulus reaksi tanah, sedangkan MDP 2024 mengadopsi pendekatan mekanistik-empirik yang mempertimbangkan faktor kelelahan dan erosi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa metode MDP 2024 menghasilkan tebal pelat beton sebesar 34 cm, sedangkan metode AASHTO 1993 menghasilkan tebal 37 cm. Selisih ketebalan sebesar 3 cm dipengaruhi oleh perbedaan pendekatan dasar dan parameter desain. Evaluasi ini diharapkan menjadi acuan dalam menentukan metode desain yang lebih efisien dan sesuai kondisi eksisting proyek. Kata kunci: Perkerasan Kaku, AASHTO 1993, Tebal Pelat Beton, Jalan Tol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STS.25.0059 |
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Kaku, AASHTO 1993, Tebal Pelat Beton, Jalan Tol. |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Mrs Karmila Jihan |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 04:13 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 04:13 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |