ANALiSIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUK KOPI KHAS SUBANG (STUDI KASUS PADA AKUN @kopicupumanik)

Azhariah, Wulan (2025) ANALiSIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUK KOPI KHAS SUBANG (STUDI KASUS PADA AKUN @kopicupumanik). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
(1) COVER SKRIPSI WULAN AZHARIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (524kB)
[img] Text
(2) HALAMAN PENGESAHAN WULAN AZHARIAH .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (560kB)
[img] Text
(3) LEMBAR PERNYATAAN WULAN AZHARIAH .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (650kB)
[img] Text
(4) ABSTRAK WULAN AZHARIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB)
[img] Text
(5) BAB I WULAN AZHARIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (430kB)
[img] Text
(6) SKRIPSI WULAN AZHARIAH 3112211123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
(7) DAFTAR PUSTAKA WULAN AZHARIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB)
[img] Text
(8) CEK PLAGIARISME WULAN AZHARIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (891kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang bagaimana “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Membangun Brand Awareness Produk Kopi Khas Subang (Studi Kasus pada Akun @kopicupumanik)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan persepsi audiens Cupumanik Coffee memanfaatkan media sosial Instagram dalam membangun brand awareness terhadap produknya. Serta mengetahui hambatan yang dialami dalam mengelola akun @kopicupumanik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat satu orang informan kunci yaitu pemilik Cupumanik Coffee dan satu informan pendukung yaitu salah satu konsumen sekaligus followers akun @kopicupumanik. Berdasarkan hasil penelitian, Cupumanik Coffee telah menerapkan elemen 4C (context, communication, collaboration, dan connection) melalui akun Instagram @kopicupumanik. Context dan connection menjadi aspek yang paling menonjol melalui penyajian konten edukatif yang relevan dan storytelling yang membangun hubungan emosional dengan audiens. Sementara itu, communication dan collaboration masih terbatas pada interaksi langsung dengan pelanggan dan kegiatan offline yang diunggah ke Instagram, tanpa pemanfaatan penuh fitur interaktif maupun kolaborasi strategis dengan pihak lain. Adapun persepsi audiens terkait pemanfaatan media social Instagram memberikan umpan balik yang positif walaupun pemanfaatannya masih harus diperbaiki, tentunya hal ini mempengaruhi posisi Cupumanik Coffee dalam piramida brand awareness. Serta hambatan yang dihadapi meliputi tingginya keterbatasan sumber daya manusia dan aktu, belum adanya perencanaan konten yang terstruktur, rendahnya pemanfaatan fitur interaktif, kurangnya evaluasi berbasis data, serta pengaruh perubahan algoritma Instagram terhadap jangkauan konten. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Brand Awareness, Cupumanik Coffee

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0052
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Brand Awareness, Cupumanik Coffee
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mr Wulan Azhariah
Date Deposited: 01 Oct 2025 03:33
Last Modified: 01 Oct 2025 03:33
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6940

Actions (login required)

View Item View Item