ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI MYPERTAMINA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENGISIAN BAHAN BAKAR MINYAK DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM CARINGIN BANDUNG

Nisa, Ainun (2025) ANALISIS STRATEGI PROMOSI MELALUI MYPERTAMINA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENGISIAN BAHAN BAKAR MINYAK DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM CARINGIN BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (122kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB)
[img] Text
Halaman Pertanyaan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (200kB)
[img] Text
Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (393kB)
[img] Text
Skripsi full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB)
[img] Text
Plagiatrisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (649kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian terkait kualitan pelayanan yang mengalami antrian panjang akibat pelayanan yang lambat karena sistem pembayaran yang sering mengalami gangguan melalui Mypertamina, tujuan penelitian untuk mengetahui bauran strategi promosi Mypertamina dan kualitas pelayanan pengisian Bahan Bakar Minyak yang dijalakan oleh di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Caringin Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis metode deskripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data conclusion drawing/verification. analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian, Strategi Promosi MyPertamina dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengisian BBM di SPBU Caringin menawarkan pembayaran digital, promo cashback, dan reward. Namun, efektivitasnya masih terkendala oleh kesulitan registrasi akun, gangguan jaringan, dan resistensi pelanggan terhadap metode pembayaran digital. untuk meningkatkan pelayanan, SPBU mengombinasikan promosi dengan penerapan SOP pelayanan yang baik, menangani keluhan pelanggan dengan sigap, dan menyediakan berbagai metode pembayaran agar pengalaman pelanggan lebih nyaman dan efisien. Kesimpulan SPBU Caringin sudah menerapan strategi promosi dengan baik namun sales promotion dan direct marketing belum optimal karena kendala teknis dan rendahnya minat pelanggan. Sedangkan kualitas pelayanan sudah menerapkan lima dimensi dengan baik. Rekomedasi utama pada sistem aplikasi mypertamina harus ada perbaikan. Kata kunci :Strategi Promosi Mypertamina, kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.25.0007
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Strategi Promosi Mypertamina, kualitas pelayanan.
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Mrs Ainun Nisa
Date Deposited: 12 Apr 2025 03:58
Last Modified: 12 Apr 2025 03:58
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item