FAUZAN AZIZ, FAHMI (2025) ANALISIS MODIFIKASI CAMSHAFT KVY TERHADAP PERFORMA MESIN UNTUK REGULASI MP7. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
|
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN-2.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
|
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
|
|
Text
ANALISIS MODIFIKASI CAMSHAFT KVY TERHADAP PERFORMA MESIN UNTUK REGULASI MP7.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text
similiraty ffa.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (365kB) |
Abstract
Makin pesatnya perkembangangan teknologi dan meningkatnya kebutuhan manusia terhadap Mesin Otto, kendaraan bermotor ini tidak lagi hanya sebatas untuk alat transportasi. Tetapi juga merambah ke dunia hobi dan bahkan dunia olahraga, yaitu olahraga balap motor yang dinaungi oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang mana di antaranya adalah kelas MP7. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui cara perhitungan data camshaft yang sudah dimodifikasi dengan standar dan mengetahui perbandingan antara data awal sebelum modifikasi dengan data akhir setelah modifikasi yang outputnya berupa tenaga dan torsi utuk keperluan balap motor regulasi MP7. Penelitian ini menggunakan desain Kalkulasi atau penghitungan untuk mencari berapa kebutuhan pemapasan yang sesuai agar dapat mengahsilkan data sesuai dengan tujuan. Pencarian data ini mekibatkan proses penghitungan dengan rumus dan proses penghitungan menggunakan alat Dial gauge dan busur serta Pembuktian data akhir menggunakan mesin Dyno Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa modifikasi profil noken as dapat mempengaruhi lift , durasi, LSA, overlap, power, serta torsi pada mesin, hal ini terlihat dari perubahan power yang semula 12,7 HP hingga menjadi 20,4 HP dan torsi yang semula 36,5 HP menjadi 31,5 HP. Dengan demikian bahwa modifikasi pada camshaft dapat mempengaruhi banyak aspek seperti lift, durasi, LSA, overlap, power, serta torsi yang mana itu semakin besar(bertambah) atau mungkin mengecil (berkurang). Kata Kunci : Camshaft, Durasi, Dynotest, LSA, Modifikasi, Overlap , Power, Torsi
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | STM.25.0019 |
| Uncontrolled Keywords: | Camshaft, Durasi, Dynotest, LSA, Modifikasi, Overlap , Power, Torsi |
| Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
| Depositing User: | Fahmi Fauzan Aziz |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 02:34 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 02:34 |
| URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
