PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kuantitatif Pada Kantor Akuntan Publik Roebiandini Dan Rekan Di Kota Bandung)

Pramuditha, Aghnia (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kuantitatif Pada Kantor Akuntan Publik Roebiandini Dan Rekan Di Kota Bandung). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (603kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (808kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (735kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (694kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (780kB)
[img] Text
00. SKRIPSI AGHINA PRAMUDITHA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (768kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (751kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Roebiandini dan Rekan di Kota Bandung, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, dengan jumlah responden sebanyak 79 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (15,477 > 3,12) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara parsial, kualitas pelayanan (thitung = 2,173; sig. 0,033) dan citra perusahaan (thitung = 3,837; sig. 0,000) juga berpengaruh positif dan signifikan. Analisis SERVQUAL mengungkap bahwa dimensi empathy memiliki nilai gap terbesar (-0,304), menunjukkan bahwa perhatian terhadap pelanggan masih perlu ditingkatkan. Adapun nilai R Square sebesar 0,289 dan Adjusted R Square sebesar 0,271 mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan menjelaskan 28,9% variasi kepuasan pelanggan, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian, seperti harga dan promosi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan sama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, perusahaan perlu secara konsisten mempertahankan dan meningkatkan kedua aspek tersebut sebagai strategi untuk membangun kepuasan dan menciptakan loyalitas pelanggan yang berkelanjutan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan, Kantor Akuntan Publik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0080
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepuasan Pelanggan, Kantor Akuntan Publik
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Depositing User: ms Aghnia Pramuditha
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:07
Last Modified: 09 Oct 2025 04:07
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7249

Actions (login required)

View Item View Item