Analisis Resepsi Generasi Z Pada Konten Self Development di Platform TikTok (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Segmen Anxious Attacher di Akun @alfara9897

Abyana, Nafis Dava (2025) Analisis Resepsi Generasi Z Pada Konten Self Development di Platform TikTok (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Segmen Anxious Attacher di Akun @alfara9897. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.

[img] Text
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (82kB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme Nafis Dava Abyana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (69kB)
[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (159kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (72kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Resepsi Generasi Z pada Konten Self Development di Platform TikTok (Studi Kualitatif Deskriptif pada Segmen Anxious Attacher di Akun @alfara9897)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Generasi Z menafsirkan dan merespons konten self development, serta faktor-faktor apa saja yang memengaruhi cara mereka memahami konten tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis resepsi Stuart Hall yang terdiri dari tiga posisi decoding: dominant hegemonic, negotiated, dan oppositional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten “Anxious Attacher” di TikTok tidak hanya memberikan informasi psikologis, tetapi juga menghadirkan ruang reflektif dan emosional bagi audiens. Generasi Z dalam penelitian ini memaknai konten berdasarkan pengalaman pribadi, latar belakang emosional, dan kebutuhan psikologis masing-masing. Beberapa informan berada pada posisi dominan-hegemonik, sementara yang lain berada pada posisi negosiasi. Tidak ditemukan posisi oposisi dalam penelitian ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa TikTok dapat menjadi ruang edukatif dan suportif bagi pengembangan diri Generasi Z apabila konten disampaikan secara otentik, komunikatif, dan relevan dengan pengalaman audiens Kata Kunci: Resepsi, Generasi Z, Self Development, TikTok, Anxious Attacher, Stuart Hall.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0096
Uncontrolled Keywords: Resepsi, Generasi Z, Self Development, TikTok, Anxious Attacher, Stuart Hall.
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Nafis Nafis Dava Abyana
Date Deposited: 01 Dec 2025 02:05
Last Modified: 01 Dec 2025 02:05
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7119

Actions (login required)

View Item View Item