PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA RADIO PADA ERA DIGITAL (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Instagram @radiocakra905fm)

YULIANI, SILVI (2025) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA RADIO PADA ERA DIGITAL (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Instagram @radiocakra905fm). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
revDRAFT SKRIPSI _SILVI YULIANI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
HASIL PLAGIARISME SILVI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (328kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi digital mendorong media konvensional seperti radio untuk beradaptasi agar tetap relevan. Radio Cakra 90.5 FM memanfaatkan Instagram sebagai bagian dari strategi digitalisasi guna menjaga eksistensi, membangun citra positif, dan memperluas jangkauan audiens. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi penggunaan Instagram, jenis konten yang digunakan, terhadap citra, serta rekomendasi strategis. Penelitian menggunakan metode kualitatif studi deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mengacu pada teori strategi public relations dan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram digunakan untuk konten ringan, menghibur, dan humanis, yang diadaptasi dari tren media sosial lain namun disesuaikan dengan nilai lembaga. Meskipun kontribusinya terhadap peningkatan pendengar relatif kecil, Instagram efektif memperkuat identitas visual, meningkatkan visibilitas brand, dan memfasilitasi interaksi dengan audiens digital. Kata kunci: Strategi, Instagram, radio, citra, media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0055
Uncontrolled Keywords: Strategi, Instagram, radio, citra, media sosial
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Ms Silvi Yuliani
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:52
Last Modified: 06 Oct 2025 03:52
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6968

Actions (login required)

View Item View Item