ANALISIS PERAN AKUN TIKTOK @SUARADOTCOM DALAM PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK FANS K-DRAMA PADA ABIDZAR AL GHIFARI (Studi Kasus Kontroversi Film Adaptasi A Business Proposal)

Muhtadi Nurfauzi, Wildan (2025) ANALISIS PERAN AKUN TIKTOK @SUARADOTCOM DALAM PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK FANS K-DRAMA PADA ABIDZAR AL GHIFARI (Studi Kasus Kontroversi Film Adaptasi A Business Proposal). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER Wildan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (536kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN Wildan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
LEMABR PERNYATAAN WIldan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK Wildan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (535kB)
[img] Text
BAB I Wildan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (761kB)
[img] Text
Skripsi Full Wildan.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFATR PUSTAKA Wildan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (708kB)
[img] Text
SURAT PLAGIARISME Wildan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131kB)

Abstract

Akun TikTok @suaradotcom memainkan peran penting dalam membentuk opini publik terhadap Abidzar Al Ghifari di tengah kontroversi film adaptasi A Business Proposal. Konten yang dipublikasikan menampilkan narasi yang dramatis, visual ekspresif, dan pemilihan kutipan yang menekankan aspek kontroversial, sehingga mendorong respons emosional dari audiens, khususnya penggemar KDrama. Publikasi dilakukan pada saat isu sedang ramai diperbincangkan, menjadikan momentum sebagai strategi untuk meningkatkan daya sebar dan engagement. Kerangka teori yang digunakan mencakup Virtual Public Sphere dari Papacharissi, teori media baru dari Lievrow & Livingstone, teori media sosial dari Kaplan & Haenlein. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus, menggunakan teknik observasi konten TikTok, wawancara dengan pembuat konten @suaradotcom, dan analisis dokumentas. Analisis dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan untuk memahami relasi antara strategi konten, pola penyebaran, dan pembentukan opini publik. Konten yang disajikan tidak hanya menjadi sarana penyampaian informasi, tetapi juga ruang pembentukan makna bersama oleh komunitas digital. Interaksi dalam kolom komentar menunjukkan bahwa opini publik terbentuk secara horizontal, dengan algoritma TikTok memperluas jangkauan konten yang memperoleh respons awal tinggi. Otoritas simbolik akun sebagai bagian dari media daring memperkuat kredibilitas narasi yang dibangun, sehingga mempercepat proses viralitas dan pengaruhnya terhadap konstruksi persepsi publik. Praktik ini mencerminkan pergeseran fungsi media dalam ekosistem digital yang partisipatif, algoritmis, dan emosional. Kata Kunci: TikTok, opini publik, ruang publik digital, media sosial,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0046
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: TikTok, opini publik, ruang publik digital, media sosial,
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mr Wildan Muhtadi Nurfauzi
Date Deposited: 30 Sep 2025 04:04
Last Modified: 30 Sep 2025 04:04
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item