ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN E-COMMERCE SHOPEE DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

Rehan Adriansyah, Anggi (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEBERHASILAN E-COMMERCE SHOPEE DENGAN PENDEKATAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (194kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (635kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (539kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (239kB)
[img] Text
Cek Plagirisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB)
[img] Text
Skripsi Full Anggi Rehan Adriansyah.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (495kB)

Abstract

Pertumbuhan signifikan dalam industri e-commerce di Indonesia telah menempatkan Shopee sebagai salah satu platform terkemuka. Namun, terlepas dari popularitasnya, platform ini masih menghadapi kendala operasional, seperti keterlambatan pengiriman dan kualitas layanan pelanggan yang belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini berfokus pada analisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan sistem informasi e-commerce Shopee, dengan menggunakan pendekatan Model DeLone dan McLean (2003) untuk mengidentifikasi variabel-variabel kunci yang memengaruhi keberhasilan sistem secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data dari 110 responden, yang merupakan pengguna aktif Shopee di wilayah Kecamatan Cicalengka. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS versi 4.0 untuk menguji hubungan kausalitas antar variabel yang diajukan dalam hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa delapan dari sembilan hipotesis yang diajukan diterima. Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan platform. Selain itu, Kualitas Sistem dan Kualitas Layanan juga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Namun, ditemukan bahwa Kualitas Informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Variabel Penggunaan ditemukan memiliki pengaruh paling dominan terhadap Manfaat Bersih, diikuti oleh Kepuasan Pengguna. Sebagai kesimpulan, penelitian ini mengonfirmasi bahwa Model DeLone dan McLean (2003) merupakan kerangka kerja yang efektif dan valid untuk mengukur keberhasilan sistem informasi pada platform e-commerce seperti Shopee. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi Shopee untuk memprioritaskan peningkatan kualitas sistem dan layanan, serta memberikan kontribusi akademis mengenai penerapan model kesuksesan SI dalam lanskap e-commerce Indonesia yang kompetitif. Kata Kunci: E-commerce, Shopee, Model DeLone dan McLean, Keberhasilan Sistem Informasi, PLS-SEM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0054
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Keberhasilan E-Commerce Shopee
Subjects: Skripsi S1 > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Mr Anggi Rehan Adriansyah
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:50
Last Modified: 25 Sep 2025 03:50
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6783

Actions (login required)

View Item View Item