Dimas, Dwi Maulana (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN IKAN HIAS LAUT BERBASIS AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
Cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (151kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (485kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (929kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (132kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) |
![]() |
Text
Skripsi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (176kB) |
![]() |
Text
Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Media pembelajaran interaktif sangat diperlukan untuk meningkatkan minat belajar siswa, terutama pada materi pengenalan makhluk hidup seperti ikan hias laut. Kurangnya media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik menyebabkan siswa kurang memahami jenis-jenis ikan hias secara visual dan interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada pengembangan aplikasi pengenalan ikan hias berbasis teknologi Augmented Reality AR untuk membantu pelajar sekolah dasar dalam mengenal dan memahami berbagai jenis ikan hias laut dengan cara yang lebih menarik dan efektif. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Extreme Programming (XP) yang terdiri dari tahapan Planning, Design, Coding, dan Testing. Unity digunakan sebagai platform utama dalam pengembangan aplikasi, sedangkan Vuforia digunakan sebagai pustaka AR untuk memindai marker yang telah disediakan. Proses pengembangan aplikasi memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan 3D ikan hias secara langsung melalui kamera perangkat Android, sehingga pengguna dapat belajar dengan pendekatan visual yang lebih nyata dan menarik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan baik dan menampilkan objek ikan hias secara real-time. Berdasarkan evaluasi fungsional dan pengujian usability, aplikasi ini dinilai mudah digunakan dan menarik oleh pelajar sekolah dasar yang menjadi responden dalam uji coba. Aplikasi ini juga dirancang dengan antarmuka yang sederhana dan ramah anak, sehingga dapat digunakan secara mandiri tanpa bimbingan langsung dari guru atau orang tua. Hal ini diharapkan dapat mendukung pembelajaran yang lebih mandiri dan menyenangkan bagi siswa sekolah dasar, khususnya dalam mengenal keanekaragaman ikan hias laut secara digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SSI.25.0008 |
Uncontrolled Keywords: | PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN IKAN HIAS LAUT BERBASIS AUGMENTED REALITY |
Subjects: | Skripsi S1 > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Mr Dimas Dwi Maulana |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:38 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:38 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |