KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA KELAS 6 DI SDN 085 CIUMBULEUIT BANDUNG

NURKOMAR, AHMAD (2018) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA KELAS 6 DI SDN 085 CIUMBULEUIT BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
COVER .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (103kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (291kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL .docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text
daftar pustaka .pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB)

Abstract

Pada skripsi ini persoalan yang akan dikaji mencakup satu rumusan masalah, yakni : Bagaimana komunikasi interpersonal Guru dalam Memotivasi Belajar siswa kelas 6 SDN 085 Ciumbuleuit Bandung. Apa saja hambatan dan pendukung komunikasi interpersonal guru dalam memotivasi belajar siswa kelas 6 SDN 085 Ciumbuleuit Bandung? Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data pada penelitian iini yakni dengan melakukan reduksi data , display kemudian verifikasi agar relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk pesan guru yang disampaian untuk memotivasi belajar siswa pada minat belajar yang tinggi merupakan salah satu penerapan cara didik antara guru kepada siswa. Pesan yang disampaikan bersifat persuasif dalam komunikasi interpersonal akan memudahkan interaksi terhadap komunikan dalam proses pemahaman. Baik komunikasi secara langsung (tatap muka) ataupun tidak langsung (melalui media), komunikasi verbal dan non verbal Komunikasi yang dilakukan guru bersifat konseling dan ramah maka ketika guru melakukan komunikasi guru cenderung tidak menemukan kesulitan yang dirasakan siswa sehigga menyebabkan sampainya pesan yang berkaitan dengn motivasi belajar siswa. Guru merasa kesulitan berkomunikasi ketika tidak ada sinergi dalam pribadi siswa sehingga menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan efektif selain itu faktor noise (gangguan) ketika berkomunikassi dengan siswa di dalam kelas dan suasana kelas gaduh menyebabkan guru harus mengulang kembali pesannya sehingga menyebabkan komunikasi berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.18.0011
Uncontrolled Keywords: SIK.18.0011
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: mr user unggah
Date Deposited: 08 Sep 2025 04:03
Last Modified: 08 Sep 2025 04:03
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6483

Actions (login required)

View Item View Item