RANCANG BANGUN SISTEM PENDINGIN MENGGUNAKAN ANALISIS BEBAN METODE CLTD DIRUANG TUNGGU BANDARA SULTAN THAHA JAMBI

Putra, Wahyu Dian (2025) RANCANG BANGUN SISTEM PENDINGIN MENGGUNAKAN ANALISIS BEBAN METODE CLTD DIRUANG TUNGGU BANDARA SULTAN THAHA JAMBI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
00. FULL TA Wahyu Dian Putra.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kapasitas beban bendingin serta menentukan kekurangan beban pendingin yang dibutuhkan di bandara sultan thaha jambi khususnya di ruang tunggu sehingga penumpang dan pengguna jasa bandara merasa nyaman saat berada di ruang tunggu untuk menunggu pesawat. Penelitian dilakukan menggunakan Metode eksperimental. Berikut adalah beberapa karakteristik metode eksperimental ialah memanipulasi variabel, mengontrol variabel, melakukan observasi, menggunakan kelompok kontrol sebagai garis batas untuk dibandingkan dengan kelompok eksperimen. Metode yang digunakan untuk menghitung beban pendingin terminal bandara sultan thaha jambi yaitu CLTD (Cooling Load Temperature Different). Setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode CLTD dengan beberapa faktor penentu didapatkan bahwasanya Kondisi pendingin di ruang tunggu bandara saat ini memiliki kapasitas 1,850,000.00 BTU/h atau sama dengan 542.18 kW dimana untuk mendapatkan kenyamanan penumpang diruang tunggu perlu penambahan kapasitas sebesar 115,619.41 BTU/hr atau sama dengan 33.88 kW dimana perlu penambahan AC Split Duct 12 PK sebanyak 1 unit. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode perhitungan yang digunakan adalah CLTD dengan hasil perhitungan beban pendingin pada area ruang tunggu sebesar 1,965,619.41 BTU/h = 576.06 kW dimana area ruang tunggu bandara akan terkena dampak suhu ruangan menjadi panas di karenakan jumlah AC yang kurang memenuhi dari hasil jumlah perhitungan CLTD. Sehingga berdasarkan selisih perhitungan cooling load dengan AC pada area ruang tunggu adalah 115,619.41 BTU/hr sehingga dibutuhkan 1 unit AC Split Duct 12 PK, diharapkan dari hasil perhitungan yang sudah dilakukan dapat dijadikan acuan untuk kebutuhan AC yang akan di pasang di area ruang tunggu Bandara. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapat hasil yang maksimal yaitu ditinjau kembali dengan menggunakan metode yang lain. Keywords : Perhitungan Beban Pendingin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.25.0009
Uncontrolled Keywords: Keywords : Perhitungan Beban Pendingin
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Mr Wahyu Dian putra
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:11
Last Modified: 01 Sep 2025 03:11
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item