ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL

Muhammad, Bagia Mulki (2022) ANALISA KINERJA SIMPANG BERSINYAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (184kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (47kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (87kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB)
[img] Text
TA_2112171198_BagiaMulkiMuhammad.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (104kB)

Abstract

Kota Bandung merupakan salah satu kota yang perkembangannya cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah penduduk di suatu kawasan, pembangunan, serta tingkat wisatawan yang datang ke Kota Bandung. Kebutuhan transportasi akan meningkat jika daerah perkotaan tersebut mengalami perkembangan. Permasalahan transportasi di Kota Bandung cukup tinggi, hal itu dapat dilihat dari tingginya tingkat kemacetan dan tundaan yang terjadi. Secara umum permasalahan ini sering terjadi di beberapa persimpangan di Kota Bandung. Salah satu persimpangan di Kota Bandung yang mengalami kemacetan dan tundaan adalah Simpang Pahlawan. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui kinerja simpang Pahlawan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Kemudian dicari alternatif yang tepat untuk memecahkan masalah pada simpang bersinyal tersebut berdasarkan metode MKJI 1997. Metode yang digunakan untuk perhitungan evaluasi kinerja dan optimasi adalah metode MKJI 1997 dengan data masukan pertama adalah data primer berupa data geometri simpag, sinyal, waktu siklus total, arus lalu lintas, dan arus kendaraan tak bermotor. Data masukan kedua adalah data sekunder berupa jumlah penduduk dari Badan Pusat Statistik Kota Bandung. Hasil analisis pada kondisi eksisting menunjukan bahwa kinerja simpang Pahlawan menunjukan hasil yang kurang baik dengan pemakaian waktu siklus aktual 246 detik diperoleh derajat kejenuhan yang besar pada arus pendekat timur yakni 1,296 dan arus pendekat barat 1,561 jauh dari yang disarankan <0,85 sehingga menyebabkan antrian sepanjang 1875 m pada arus pendekat timur dan 1414 m pada arus pendekat barat dengan tingkat pelayanan simpang pada semua jam puncak yang diamati adalah F. Upaya perbaikan kinerja simpang dilakukan dengan beberapa alternatif skenario. Dari beberapa alternatif skenario yang telah dilakukan diambil alternatif skenario III sebagai alternatif untuk diterapkan di lapangan yaitu dengan mengubah waktu siklus, penyesuaian nilai all red, dan mengubah fase menjadi empat fase dengan arus berangkat terpisah dari masing masing pendekat. Pemakaian alternatif skenario III ini dapat menghasilkan kapasitas yang lebih baik serta derajat kejenuhan (DS) ≤ 0,85 pada seluruh pendekat. Kata kunci: Simpang, Arus Lalu Lintas, Waktu Siklus, Derajat Kejenuhan, Antrian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ST1.22.0075
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Simpang, Arus Lalu Lintas, Waktu Siklus, Derajat Kejenuhan, Antrian
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:27
Last Modified: 18 Jun 2025 03:27
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item View Item