FADHLURRAHMAN, FAWWAZ (2025) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PAUD DALAM PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif Kualitatif Pada RA Thoriqur Rahmah Kab. Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FAWWAZ (FINAL).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
Plagiarisme - Fawwaz.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (104kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PAUD DALAM PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI (Studi Deskriptif Kualitatif Pada RA Thoriqur Rahmah Kab. Bandung)” Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh guru PAUD di RA Thoriqur Rahmah dalam mendukung pengembangan bahasa anak usia dini, hambatan yang dihadapi oleh guru PAUD dalam menjalankan komunikasi interpersonal dengan anak usia dini yang berdampak pada pengembangan bahasa, mengetahui peran komunikasi verbal dan nonverbal dalam mendukung komunikasi interpersonal antara guru dan anak usia dini di PAUD RA Thoriqur Rahmah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif, didukung oleh Teori Pendekatan Komunikasi Interpersonal dalam bentuk komunikasi verbal dan nonverbal (dalam Mulyana, 2018: 261-352) serta Teori Konstruktivisme Anak Usia Dini (AUD) (Sardiman, 2020: 2) Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pola komunikasi interpersonal Guru dan anak didik dalam kegiatan belajar sambil bermain menggunakan pola komunikasi dua arah dalam pengembangan bahasa anak. (2) Hambatan yang dialami oleh Guru dalam proses kegiatan di kelas untuk Menjalankan Komunikasi Interpersonal dengan Anak Usia Dini yaitu ketika guru menjumpai anak yang pemalu. (3) Komunikasi verbal dan nonverbal dalam mendukung komunikasi Interpersonal antara Guru dan anak usia dini interaksi langsung dan melalui gambar-gambar diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.25.0011 |
Uncontrolled Keywords: | Pola Komunikasi Interpersonal, Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mr. Fawwaz Fadhlurrahman |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:30 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:30 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |