Dedi, Rahmat (2025) EVALUASI SISTEM INFORMASI PADA BANK MINI SEKOLAH DENGAN METODE COBIT 2019 (STUDI KASUS SMK PASUNDAN 3 BANDUNG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA.
![]() |
Text
COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (77kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (63kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (364kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (484kB) |
![]() |
Text
CEK PLAGIAT.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) |
Abstract
Teknologi informasi telah memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu implementasi teknologi informasi dalam dunia pendidikan adalah penerapan Bank Mini Sekolah (BMS) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa serta mempermudah transaksi keuangan di lingkungan sekolah. SMK Pasundan 3 Bandung telah mengadopsi konsep ini, namun dalam implementasinya masih terdapat tantangan terkait kualitas, keamanan, dan kepatuhan layanan sistem yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan audit sistem informasi pelayanan pada Bank Mini Sekolah menggunakan framework COBIT 2019, khususnya pada domain Deliver, Service, and Support (DSS) yang mencakup sub-domain DSS01 (Manage Operations), DSS02 (Manage Service Requests and Incidents), dan DSS03 (Manage Problems). Metode penelitian yang digunakan mencakup studi literatur, observasi, serta pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada siswa SMK Pasundan 3 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem Bank Mini Sekolah memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai pengelolaan keuangan. Namun, berdasarkan evaluasi menggunakan COBIT 2019, terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, khususnya dalam keamanan sistem, efisiensi operasional, serta kepatuhan terhadap standar yang berlaku. Hasil analisis menunjukkan bahwa domain DSS01 memiliki skor tertinggi dengan rata-rata 3.90 (78.05%), diikuti oleh DSS03 dengan skor 3.90 (77.55%), dan DSS02 dengan skor 3.83 (76.65%). Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kualitas layanan Bank Mini Sekolah, seperti optimalisasi waktu respons dalam pengelolaan layanan, peningkatan sistem eskalasi insiden, serta pemanfaatan analisis tren masalah untuk identifikasi dan pencegahan insiden berulang, dengan implementasi rekomendasi ini, diharapkan Bank Mini Sekolah dapat lebih optimal dalam mendukung edukasi keuangan siswa dan meningkatkan efektivitas operasionalnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SSI.25.0001 |
Uncontrolled Keywords: | Audit sistem informasi, Bank Mini Sekolah, COBIT 2019, Domain DSS (Deliver, Service, and Support), Literasi keuangan |
Subjects: | Skripsi S1 > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Mr Rahmat Dedi |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:15 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:15 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |