Kurnia, Rivan (2024) ANALISIS SENTIMEN REVIEW PADA APLIKASI EDLINK SEVIMA DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
Cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (352kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (500kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (590kB) |
|
Text
Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (442kB) |
|
Text
Bab I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (684kB) |
|
Text
Skripsi Full_Rivan Kurnia.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (365kB) |
|
Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (290kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi dan informasi di era industri 4.0 memiliki dampak signifikan pada proses pembelajaran di berbagai lembaga pendidikan. Aplikasi Edlink Sevima adalah salah satu platform e-learning yang banyak digunakan dan dievaluasi oleh pengguna melalui ulasan di Google Play Store. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pengguna terhadap aplikasi Edlink Sevima menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Metode SVM dipilih karena kemampuannya mengklasifikasikan data teks dengan akurasi tinggi. Data ulasan dikumpulkan dari Google Play Store dan diproses menggunakan teknik preprocessing untuk mengoptimalkan analisis sentimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SVM mampu mengklasifikasikan ulasan menjadi sentimen positif, negatif, dan netral dengan akurasi terbaik sebesar 75%. Sentimen negatif memiliki precision sebesar 0.71 dan recall sebesar 0.79, sedangkan sentimen positif memiliki precision sebesar 0.78 dan recall sebesar 0.87. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan sumbangan dalam pemahaman tentang ulasan pengguna aplikasi di Google Play Store. Walaupun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti metode yang digunakan dan data yang dikumpulkan. Oleh karena itu, penelitian ini dapat dijadikan dasar untuk penelitian lanjutan dalam bidang analisis sentimen dari ulasan aplikasi di Google Play Store. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Edlink Sevima, Support Vector Machine, Google Play Store, E-learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STF.24.0048 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Edlink Sevima, Support Vector Machine, Google Play Store, E-learning. |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Mr Rivan Kurnia |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:15 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:15 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4984 |
Actions (login required)
View Item |