PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK PIPAMAS DI PT PMPS BANDUNG

ABIDIN, ARI (2023) PENGARUH MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK PIPAMAS DI PT PMPS BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (248kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (882kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (632kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (945kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)

Abstract

Persaingan yang semakin ketat antar pengusaha disebabkan oleh perkembangan bisnis itu sendiri yang mendorong para pengusaha untuk menciptakan model pemasaran yang lebih fleksibel untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam persaingan bisnis saat ini, pelanggan tidak hanya melihat kualitas produk, tetapi juga kualitas layanan yang sangat baik, yang dapat membuat pelanggan membeli kembali produk atau memanfaatkan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Kreativitas dan inovasi diperlukan oleh perusahaan untuk memastikan keberadaannya dan strategi yang tepat diperlukan untuk mencegah pelanggan beralih ke pesaing. PT. PMPS harus mampu mempertimbangkan segala kemungkinan, Salah satu strategi yang diterapkan perusahaan adalah strategi Manajemen Hubungan Pelanggan yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan usaha serta menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan baru maupun lama dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap PT. PMPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Manajemen Hubungan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Adapun Populasi dari penelitian ini adalah pelanggan PT PMPS yang menggunakan produk pipamas terutama untuk wilayah Bandung selama periode tahun 2018 sampai tahun 2021 dengan sebanyak 1.115 pelanggan. Sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik perhitungan statistik dengan menggunakan Rumus. Untuk tingkat presisi yang ditentukan saat menentukan sampel adalah 10%. Pengambilan jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 92. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Hubungan Pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMN.23.0006
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen Hubungan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: Skripsi S1 > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:23
Last Modified: 08 Dec 2023 06:19
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item