STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (KESADARAN MERK) KEPADA PENDENGAR (Analisis Kualitatif Deskriptif Pada MGTRADIO 101.1 FM Bandung)

Desi, Friskila (2019) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (KESADARAN MERK) KEPADA PENDENGAR (Analisis Kualitatif Deskriptif Pada MGTRADIO 101.1 FM Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Radio merupakan salah satu media informasi dan komunikasi yang mempunyai peran penting dalam penyebaran informasi di masyarakat. Namun di zaman sekarang penyebaran informasi bisa dengan mudah didapat di media konvensional lain dan juga di media online, maka dari itu perlunya sebuah strategi yang harus dilakukan oleh seorang Public Relations agar radio tidak menjadi punah. MGT Radio merupakan salah satu radio yang usianya sudah lumayan matang, namun saja tidak memiliki pendengar yang cukup banyak. Maka dari itu diperlukannya strategi Public Relations agar dapat membuat para pendengar radio lebih mengetahui apa yang dimiliki MGT Radio, baik dalam segi program maupun segi promosi lainnya. Oleh karena itu strategi yang dapat seorang Public Relations lakukan ialah Branding yang didalamnya melibatkan strategi pengenalan kembali (brand recognition) dan stategi pengingatan terhadap merk (brand recall) agar para pendengar radio dapat mengetahui serta mengingat mengenai MGT Radio, baik yang pendengar baru maupun pendengar yang sudah lama. Strategi brand recognition yang dilakukanpun ialah dengan melakukan branding, dan strategi brand recall yang dilakukan dengan melibatkan beberapa kegiatan seperti quiz, pemberian merchandise dan juga gathering yang diadakan agar para pendengar dapat mengetahui dan terus mengingat MGT Radio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi data berarti peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Triangulasi sumber berarti, untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi brand recognition dan brand recall yang dilakukan dengan cara branding dan melakukan kegiatan on air maupun off air oleh Public Relations MGT Radio berjalan dengan baik serta berpengaruh kepada pendengar, meskipun jumlah kenaikan pendengar maupun followersnya tidak bertambah secara signifikan namun tetap mengalami kenaikan. Maka dari itu perlu sekali menambah media promosi baik di dunia digital maupun konfensional agar lebih dapat menarik perhatian pendengar, selain itu program dan konten acara yang ada seharusnya dibuat lebih menarik dan atraktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Public Relations, Public Relations Radio, Branding Radio, Brand Recognition, Brand Recall
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: pustakawan
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:24
Last Modified: 11 Feb 2020 08:24
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item