STRATEGI PENGELOLAAN INSTAGRAM HUMAS PEMERINTAH SEBAGAI MEDIA INFORMASI TENTANG KABUPATEN SUMEDANG (Studi Kasus Pada Akun Instagram @humassumedang)

HARDIANSYAH, ARI (2024) STRATEGI PENGELOLAAN INSTAGRAM HUMAS PEMERINTAH SEBAGAI MEDIA INFORMASI TENTANG KABUPATEN SUMEDANG (Studi Kasus Pada Akun Instagram @humassumedang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan (1).pdf

Download (45kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (285kB)
[img] Text
Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (484kB)
[img] Text
Skripsi Full (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (114kB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (142kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengulas strategi pengelolaan media sosial Instagram humas pemerintah yang dikelola oleh Diskominfosanditik Sumedang sebagai media informasi tentang kabupaten Sumedang. Informasi yang disebarkan melalui akun Instagram @humassumedang. Di era visual ini, Instagram dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk mempromosikan pariwisata, budaya, kuliner, kekayaan alam, membagikan informasi tentang fasilitas umum, kegiatan, kebijakan dan sebagainya tentang sebuah daerah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan media sosial Instagram @humassumedang sebagai media informasi tentang kabupaten Sumedang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli tahun 2023. Teori yang digunakan adalah teori perencanaan pesan. Hasil dari penelitian ini adalah akun Instagram @humassumedang dikelola oleh Diskominfosanditik Sumedang karena ada peralihan atau pemindahan tugas dan fungsi kehumasan ke Diskominfosanditik Sumedang. Sebagai media penyedia informasi, akun @humassumedang mengunggah berbagai konten tentang program�program dan kegiatan pemerintahan kabupaten Sumedang. Diskominfosanditik Sumedang berusaha mengelola konten akun @humassumedang dengan cara membuat konten yang berbeda dari akun penyedia informasi lain agar dapat menarik perhatian masyarakat. Koordinasi dengan berbagai pihak dilakukan untuk mempercepat akuisisi data dari lapangan, yang nantinya diolah oleh tim pengelola Instagram. Dalam pengolahan data, tim ini tetap menjalankan langkah verifikasi untuk menghindari kerancuan data yang mereka olah. Dalam penyebarluasan informasi, mereka memanfaatkan berbagai fitur Instagram. Evaluasi kontinu dilakukan oleh Diskominfosanditik Sumedang untuk memastikan peningkatan kinerja yang berkelanjutan di masa mendatang. Kata Kunci: Strategi, Instagram, Informasi, Konten ABSTRACT This research reviews the social media management strategy of government public relations Instagram managed by Diskominfosanditik Sumedang as a medium of information about Sumedang district. Information is disseminated through the Instagram account @humassumedang In this visual era, Instagram can be used as a source of information to promote tourism, culture, culinary, natural wealth, share information about public facilities, activities, policies and so on about an area. The purpose of this research is to find out how the social media management strategy of Instagram @humassumedang as a medium of information about Sumedang district. This type of research is qualitative research with case study method. This research was conducted from May to July 2023. The theory used is message planning theory. The result of this research is that the Instagram account @humassumedang is managed by Diskominfosanditik Sumedang because there is a transition or transfer of public relations duties and functions to Diskominfosanditik Sumedang. As a media provider of information, the @humassumedang account uploads various content about the programs and activities of the Sumedang district government. Diskominfosanditik Sumedang tries to managed the content of the @humassumedang account by creating content that is different from other information provider accounts in order to attract public attention. Coordination with various parties is carried out to accelerate data acquisition from the field, which will be processed by the Instagram management team. In data processing, this team still carries out verification steps to avoid confusion of the data they process. In disseminating information, they utilize various Instagram features. Continuous evaluation is carried out by Diskominfosanditik Sumedang to ensure continuous performance improvement in the future. Keywords: Strategy, Instagram, Information, Content

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.24.0008
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengelolaan Media Sosial
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mr Ari Hardiansyah
Date Deposited: 02 May 2024 06:16
Last Modified: 02 May 2024 06:16
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item View Item