PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP LOYALITAS PASIEN PENGGUNA BPJS DI RS HERMINA ARCAMANIK

Alifun, Muhammad (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA RUMAH SAKIT TERHADAP LOYALITAS PASIEN PENGGUNA BPJS DI RS HERMINA ARCAMANIK. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
don revisi SKRIPSI MUHAMMAD ALIFUN 21%.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAJA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS Di RS Hermina Arcamanik Oleh : Muhammad Alifun Seiring dengan peningkatan jumlah peserta BPJS dan perkembangan zaman, maka setiap rumah sakit harus memiliki manajemen yang baik sehingga mampu bersaing dengan kompetitornya, hal ini tentu membuat RS Hermina Arcamanik harus bisa berkembang dan meningkatkan kualitas pelayanan dan citra rumah sakit sebaik mungkin agar dapat meningkatkan loyalitas pasien pengguna BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien pengguna BPJS di RS Hermina Arcamanik, adapun variabel independen pada penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah sedangkan untuk variabel dependennya Loyalitas Pasien. Penelitian ini di lakukan di RS Hermina Arcamanik pada bagian pelayanan non medis, Jl. Jenderal Abdul Haris Nasution No.50, Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40294. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif, jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey dengan menggunakan data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah populasi 100 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik dan uji hipotesis (uji-t dan uji-f) dengan pengolahan data menggunakan software SPSS 23. Hasil uji analisis regresi linier berganda diketahui Y= 3,230 + 0,110 X1 + 0,099 X2 dan hasil dari uji-t diketahui bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien dengan nilai signifikansi 0,00 > 0,05. Sedangkan citra rumah sakit tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien dengan nilai signifikansi 0,285 < 0,05. Kemudian hasil uji-F diketahui bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 > 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,245 atau 24,5%, maka dapat diartikan bahwa kualitas pelayanan dan citra rumah sakit hanya mampu mempengaruhi loyalitas pasien sebesar 24,5% dan sisa dari 24,5% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMN.23.0031
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit, Loyalitas Pasien
Subjects: Skripsi S1 > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:20
Last Modified: 12 Dec 2023 03:59
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item