STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS MANAGEMENT (CRM) PT. INDI PLATFORM RAKSASA (S-GALA.COM) DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELANGGAN

Isna Maulida, Lidya (2022) STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATIONS MANAGEMENT (CRM) PT. INDI PLATFORM RAKSASA (S-GALA.COM) DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELANGGAN. Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (822kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
SKRIPSI FIX PRINT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Customer Relations Managemen (CRM) PT. Indi Platform Raksasa (S-Gala.Com) Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan” ditulis oleh Lidya Isna Maulida mahasiswa Universitas Sangga Buana YPKP fakultas Ilmu Komunikasi. Kepuasan pelanggan adalah salah satu tombak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Dimana jika pelanggan merasakan puas akan barang maupun pelayanan, suatu perusahaan bisa dikatakan “SUKSES” karna penilaian dari khalayak sangat penting. Hal ini dilakukan dengan suatu kesadaran utuh bahwa hubungan dengan pelanggan sangatlah penting, untuk meciptakan citra positif perusahaan yang kokoh akan perkembangan dan kelangsungan perusahaan. Untuk itu Customer relation management (CRM) sangat diperlukan untuk mendukung segala proses yang terjadi selama kepuasan pelanggan berlangsung. Tugas utama dari CRM adalah membangun relasi dengan pelanggan untuk meluruskan segala hal yang terjadi, dalam konteks komunikasi dengan pelanggan terutama segala hal yang bersangkutan dengan komplain, untuk itu PT. Indi Platform Raksasa menugaskan CRM untuk membenahi komentar miring atau penilain buruk tentang PT. Indi Platform Raksasa di Google Search tentang “Perusahan Penipu”. Harapan terbesar dengan dibentuknya CRM PT. Indi Platfrom Raksasa dapat mengembalikan citra harmoni perusahaan dengan nama baik yang harus dijaga utuh. Strategi komunikasi hubungan dengan pelanggan terbukti memberikan kontribusi yang sangat penting, di dalam pembentukan brand equity dan brand value menciptakan one-to-one relationship dapat terwujud. Dengan cara memberikan pelayanan yang baik, mem follow up keluhan serta memberikannya solusi terhadap masalah yang dihadapi. Memberikan pencerahan atau tanggung jawab yang tidak memberatkan dua belah pihak. Serta memberikan kebutuhan informasi prosuk untuk kosumen, dan membuat brand image melalui brosur untuk memberitahukan informasi produk kepada pelanggan. Pengelolaan hubungan pelanggan, perusahaan akan mengetahui apa yang di inginkan dan diperlukan pelanggannya, sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah yang berlajan. Demikian pelanggan akan mendapatkan feedback dan tidak akan mudah berpindah ke produk atau merk lain. Kesimpulan penelitian, Strategi costumer relationship managament PT. Indi Platform Raksasa dalam membangun relasi dengan publik adalah memperbaiki kualitas produksi seperti design brosur dan penataan iklan dimedia sosial, memperbaiki relationship antara pihak PT. Indi Platform Raksasa dengan pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanan, melakukan pendekatan komunikasi dengan mendatangi langsung perusahaan yang akan di approach. Costumer relationship managament selalu melakukan pendekatan kepada perusahaan dengan membangun komunikasi yang kuat, pihak costumer relationship managament hampir tiap hari melakukan call phone kepada pelanggan-pelanggan yang menjadi mitra bisnis atau calon mitra kerja sama nya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.22.0042
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kepuasan pelanggan, strategi komunikasi, strategi komunikasi pelanggan CRM
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:12
Last Modified: 12 Dec 2023 03:02
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2824

Actions (login required)

View Item View Item