STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PAKAIAN ANAK MELALUI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus pada Toko Online Shop SAGA Bandung)

Noor Islami, Arifiyusuf (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PAKAIAN ANAK MELALUI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus pada Toko Online Shop SAGA Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1 cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62kB)
[img] Text
2 hal pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (53kB)
[img] Text
3 lembar pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50kB)
[img] Text
6 abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (792kB)
[img] Text
00. Skripsi Arifiyusuf Noor Islami.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
16 daftar pustaka.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (230kB)
[img] Text
Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Strategi Komunikasi Pemasaran Pakaian Anak Melalui E- Commerce Shopee (Studi Kasus pada Toko Online Shop Saga Bandung)”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Saga Bandung dalam memasarkan produk pakaian anak di e-commerce Shopee. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, didukung Teori Komunikasi Pemasaran oleh Schiffman dan Kanuk (2004), Teori Strategi Komunikasi Pemasaran oleh Four A’s (dalam Sulaksana, 2005), dan berlandaskan Teori Marketing Mix 4P oleh Kotler dan Keller (2016). Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran Saga Bandung melalui e-commerce Shopee dalam memasarkan produk pakaian anak terbukti efektif dengan pemanfaatan fitur Shopee secara maksimal, konsistensi dalam analisa pasar, serta fokus pada volume produk dan jumlah toko (boom toko), juga dengan mengintegrasikan bauran pemasaran (4P) meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Namun, ketergantungan tinggi terhadap Shopee menyebabkan kerentanan dalam bisnis, seperti penurunan performa akibat penalti, keterbatasan distribusi, dan belum adanya ekspansi ke platform lain. Selain itu, keterbatasan tenaga pengelola membuat respon terhadap konsumen kurang optimal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pelaku usaha sejenis serta memberikan kontribusi pada pengembangan teori strategi komunikasi pemasaran dalam konteks bisnis digital. Kata kunci: strategi komunikasi pemasaran, Shopee, Saga bandung, bauran pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0086
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran, Shopee, Saga bandung, bauran pemasaran.
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mr aryf yusuf Islami
Date Deposited: 21 Nov 2025 06:37
Last Modified: 21 Nov 2025 06:37
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7783

Actions (login required)

View Item View Item