STRATEGI KAMPANYE HUBUNGAN MASYARAKAT HIMPUNAN MAHASISWA PENCINTA ALAM DALAM PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG (Analisis Deskriptif kegiatan Green Campus Oleh HIMAPA USB YPKP)

Rohana, Al Ghifari (2025) STRATEGI KAMPANYE HUBUNGAN MASYARAKAT HIMPUNAN MAHASISWA PENCINTA ALAM DALAM PENTINGNYA MENJAGA LINGKUNGAN UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG (Analisis Deskriptif kegiatan Green Campus Oleh HIMAPA USB YPKP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
5. ABSTRAK (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
7. BAB I (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
00. Skripsi Rohana Al Ghifari.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
hasil plagiarisme rohana al ghifari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (403kB)

Abstract

Kampanye Green Campus yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam (HIMAPA) Universitas Sangga Buana YPKP merupakan upaya strategis dalam membangun kesadaran mahasiswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Penelitian ini berangkat dari landasan teori kampanye public relations yang menekankan pentingnya partisipasi, kolaborasi, dan keberlanjutan program dalam membentuk perubahan perilaku, serta teori komunikasi lingkungan yang menyoroti peran simbol dan pengalaman langsung dalam membangun kesadaran ekologis. Berdasarkan kerangka teori tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi. Informan penelitian terdiri atas pengurus HIMAPA, panitia USB Day, serta mahasiswa baru sebagai peserta kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye Green Campus dijalankan dengan pendekatan partisipatif, kolaboratif, dan simbolis melalui kewajiban mahasiswa baru membawa tanaman saat kegiatan USB Day. Tahapan kampanye meliputi analisis permasalahan lingkungan kampus, perumusan pesan kampanye, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi. Kampanye ini memiliki makna simbolik kuat karena menempatkan mahasiswa sebagai subjek sekaligus agen perubahan, meskipun aspek edukasi dan keberlanjutan program belum berjalan optimal. Urgensi kampanye terlihat dari adanya peningkatan kesadaran awal mahasiswa terhadap isu lingkungan, meski masih diperlukan strategi komunikasi yang lebih sistematis dan berkesinambungan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye Green Campus tidak sekadar bersifat seremonial, melainkan memiliki nilai strategis dalam membangun kesadaran kolektif mahasiswa dan dapat dijadikan model pengembangan kampanye lingkungan berkelanjutan di lingkungan pendidikan tinggi. Kata kunci: Kampanye Green Campus, HIMAPA, strategi komunikasi, kesadaran lingkungan, mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0076
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kampanye Green Campus, HIMAPA, strategi komunikasi, kesadaran lingkungan, mahasiswa
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: S.I.Kom Rohana Al Ghifari
Date Deposited: 08 Oct 2025 04:43
Last Modified: 08 Oct 2025 04:43
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7469

Actions (login required)

View Item View Item