SYARIF ANDARI, LUTHFI (2025) PENGARUH PERUBAHAN MAPPING ECU STANDAR TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA KENDARAAN HONDA VARIO 125 TAHUN 2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. Cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (328kB) |
![]() |
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (551kB) |
![]() |
Text
4. Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (115kB) |
![]() |
Text
5. Bab 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (114kB) |
![]() |
Text
6. Skripsi Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (87kB) |
![]() |
Text
8. Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarismepdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perubahan mapping pada ECU (Electronic Control Unit) standar terhadap daya dan torsi mesin pada sepeda motor Honda Vario 125 tahun 2016. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan melakukan pengujian menggunakan alat dynotest pada lima konfigurasi mapping berbeda, yaitu standar, stage 1, stage 2, stage 3, dan stage 4. Pengujian dilakukan dalam rentang putaran mesin 2000 rpm hingga 9000 rpm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remapping ECU secara signifikan meningkatkan daya dan torsi mesin. Mapping stage 4 menghasilkan peningkatan daya tertinggi sebesar 7,23 kW dan torsi maksimum sebesar 9,29 Nm, dibandingkan mapping standar yang hanya mencapai 6,34 kW dan 7,37 Nm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perubahan mapping ECU dapat meningkatkan performa mesin secara efektif tanpa mengganti ECU dengan tipe racing atau programmable.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.25.0011 |
Uncontrolled Keywords: | Remap Ecu Motor Honda |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Mr Luthfi Syarif Andari |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 06:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 06:33 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |