Frasiska, Intan (2018) ANALISIS KOMPARATIF DAYA SAING UNTUK MEMPERTAHAKANKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Warung Nasi Bu Acim dan Warung Nasi Rizki Di Jalan Sukabersih Kecamatan Cibeunying Kidul Bandung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
Lembar Pengesahan Intan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (556kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan Intan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (393kB) |
![]() |
Text
Skripsi Intan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui daya saing antara Warung Nasi Bu Acim dan Warung Nasi Rizki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana daya saing dari kedua warung ini dari beberapa aspek, yaitu strategi pemasaran, kreativitas dan inovasi serta pelayanan pelanggan di Jalan Sukabersih Kelurahan Cikutra Kecamatan Cibeunying Kidul Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus-deskriptif. Pengambilan sampel (informan) dilakukan dengan metode snowball sampling, dimana snowball sampling ini pada awalnya sedikit lama kelamaan menjadi banyak sampai data yang didapat jenuh. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 2 orang pemilik dan 4 orang pelanggan dari kalangan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles & Huberman. Teknik keabsahan data menggunakan 5 teknik yaitu ketekunan pengamat, triangulasi, membercheck, bahan referensi dan uraian rinci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada persamaan dan perbedaan dari kedua warung nasi. Warung nasi bu acim memiliki harga yang lebih murah tetapi dalam hal inovasi warung nasi rizki lebih unggul karena menu berbeda setiap harinya dengan bahan utama yang berbeda-beda sedangkan dalam hal pelayanan terdiri dari 5 aspek yaitu reliabitas (kehandalan), assurance (jaminan), tangible (bukti fisik), emphaty (empati) dan responsiveness (daya tanggap). Dalam aspek kehandalan keduanya sama sama handal dalam melayani pelanggan, cukup cepat dan cekatan. Dalam aspek jaminan keduanya memiliki sikap yang ramah kepada pelanggan bahkan sampai menumbuhkan kedekatan secara emosional antara pemilik dengan pelanggan sehingga pelanggan selalu ingin kembali karena kesan baik yang mereka dapatkan. Dalam aspek bukti fisik, Warung Nasi Rizki lebih unggul karena area makan yang rapi dan memperhatikan kebersihan tetapi dalam ukuran luas area makan lebih luas Warung Nasi Bu Acim karena menerapkan konsep lesehan. Dalam aspek empati, keduanya bisa memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Namun, dari masing-masing pemilik memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan empatinya pada pelanggan dan dalam aspek daya tanggap, keduanya sama sama tanggap dalam melayani permintaan pelanggan. Kata kunci : daya saing, strategi pemasaran, kreativitas dan inovasi, reliabilitas (kehandalan), assurance (jaminan), tangible (bukti fisik), emphaty (empati), dan responsiveness (daya tanggap).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SAB.18.0021 |
Uncontrolled Keywords: | daya saing, strategi pemasaran, kreativitas dan inovasi, reliabilitas (kehandalan), assurance (jaminan), tangible (bukti fisik), emphaty (empati), dan responsiveness (daya tanggap). |
Subjects: | Skripsi S1 > Administrasi Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1) |
Depositing User: | mr pkl pkl |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:38 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:38 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7075 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |