ANALISIS STRATEGI INOVASI PRODUK CV. JAYAGIRI OUTDOORS VANGUARD (Studi Kasus Produk Jayagiri)

FERNANDO0, RIZAL (2018) ANALISIS STRATEGI INOVASI PRODUK CV. JAYAGIRI OUTDOORS VANGUARD (Studi Kasus Produk Jayagiri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Lembar Pengesahan dan Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Rizal Fernando C1011411RB1010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Penenitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi inovasi yang dilakukan CV. Jayagiri Outdoors Vanguard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana inovasi produk yang dilakukan Jayagiri dan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan Jayagiri, serta untuk mengetahui posisi bersaing perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap objek penelitian dan informan yang berjumlah tiga orang. Teknik analisis data menggunakan cara Data Reduction lalu Display Conclusion dan Drawing/Verification. Berdasarkan hasil penelitian inovasi produk yang dilakukan perusahaan Jayagiri menggunakan teknik ATM (amati, tiru, modifikasi) terhadap produk pesaing yang merupakan market leader dan inovasi yang dilakukan Jayagiri terfokus pada penggunaan bahan baku pembuatan produk. Lingkungan internal perusahaan masih terkendala dengan jumlah karyawan yang sedikit dan terkendala oleh modal yang tidak mecukupi. Semakin banyaknya perusahaan sejenis yang terus berkembang dengan kualitas lebih baik dan harga yang terjangkau. Produk Jayagiri memiliki keunggulan dari kualitasnya yang baik namun memiliki desain yang monoton. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa inovasi produk yang dilakukan Jayagiri perlu dilakukan secara berkala dengan melihat trend yang berkembang di pasar. Jayagiri perlu membuat divisi khusus untuk melakukan inovasi pada produk yang dimilikinya agar memiliki varian yang banyak sehingga dapat memenuhi kubutuhan pasar. Kata kunci : Inovasi Produk, lingkungan Internal, lingkungan eksternal, posisi bersaing, dan kebutuhan pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.18.0017
Uncontrolled Keywords: Inovasi Produk, lingkungan Internal, lingkungan eksternal, posisi bersaing, dan kebutuhan pasar.
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: mr pkl pkl
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:37
Last Modified: 25 Sep 2025 02:37
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7071

Actions (login required)

View Item View Item