STUDI PERENCANAAN PERKERASAN KOMPOSIT HRS-WC/CRCP METODE BINA MARGA PADA JALAN TOL SERANG – PANIMBANG SEKSI 2

SETIA PRASTIKA, ANANDA (2025) STUDI PERENCANAAN PERKERASAN KOMPOSIT HRS-WC/CRCP METODE BINA MARGA PADA JALAN TOL SERANG – PANIMBANG SEKSI 2. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (266kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (955kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (493kB)
[img] Text
Abtsrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (414kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (440kB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (741kB)

Abstract

Pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional yang bertujuan meningkatkan konektivitas antarwilayah dan mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Kondisi lalu lintas berat pada jalan tol ini membutuhkan struktur perkerasan yang kuat sekaligus nyaman bagi pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang struktur perkerasan komposit HRS-WC/CRCP sebagai alternatif dari perkerasan konvensional yang menggabungkan keunggulan perkerasan kaku dalam menopang beban tinggi dengan perkerasan lentur sebagai lapis permukaan non-struktural yang meningkatkan kenyamanan berkendara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui studi kasus pada Seksi 2 Jalan Tol Serang – Panimbang dengan menganalisis data sekunder untuk menentukan perencanaan desain perkerasan komposit berdasarkan pedoman teknis yang dikeluarkan oleh Bina Marga yaitu Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 untuk CRCP dan Analisa Komponen SKBI-2.3.26 1987 untuk HRS-WC. Hasil desain menunjukkan bahwa ketebalan optimal CRCP adalah 23 cm dengan tulangan memanjang dan melintang BjTU D20-200, tie bar BjTU D16-700 untuk sambungan memanjang, serta dowel BjTP Ø36-300 untuk sambungan melintang setiap 75 m. Sementara itu, tebal lapisan HRS-WC ditetapkan sebesar 5 cm. Susunan akhir perkerasan terdiri dari lapisan HRS-WC 5 cm, pelat CRCP 23 cm, beton kurus 15 cm, LFA kelas A 20 cm, timbunan pilihan 20 cm, dan tanah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam penerapan perkerasan komposit yang efisien, tahan lama, dan sesuai untuk kondisi jalan tol di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0055
Uncontrolled Keywords: perkerasan komposit, HRS-WC, CRCP, jalan tol, Manual Desain Perkerasan 2024, Analisa Komponen SKBI-2.3.26.1987.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mrs Ananda Setia Prastika
Date Deposited: 06 Oct 2025 06:42
Last Modified: 06 Oct 2025 06:42
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item