Yulianti, Sania (2025) ANALISIS ENTREPRENEURIAL MARKETING PRODUK UMKM OLEH BADAN USAHA MILIK DESA CIPTASARI KECAMATAN PAMULIHAN SUMEDANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP KOTA BANDUNG.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
7. BAB I (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
FINAL SKRIPSI AFTER SIDANG_Analisis_Bumdes_Sani.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Plagiarism.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (656kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya strategi pemasaran produk UMKM yang difasilitasi oleh BUMDes Ciptasari, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Pemasalahan utama terletak pada bagaimana BUMDes mampu mengimplementasikan strategi pemasaran berbasis entrepreneurial marketing guna meningkatkan daya saing produk lokal. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara potensi UMKM desa yang cukup besar dengan keterbatasan inovasi serta strategi pemasaran yang diterapkan, sehingga diperlukan kajian lebih mendalam mengenai peran BUMDes dalam mendukung keberlanjutan usaha masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan pengurus BUMDes dan pelaku UMKM, observasi langsung terhadap kegiatan pemasaran, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menekankan pada tujuh indikator uatama entrepreneurial marketing, yaitu proactiveness, innovativenerss, risk-taking, customer intensity, value creation, resource leveraging, dan opportinty focus. Validitas data diperkuat dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi entrepreneurial marketing oleh BUMDes telah berjalan namun belum optimal pada seluruh indikator. BUMDes cukup proaktif dalam membuka peluang pasar dan mendorong inovasi produk, namun masih menghadapi kendala pada aspek pengelolaan risiko, keterbatasan sumber daya, dan intensitas hubungan dengan pelanggan. Simpulan penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan kapasitas BUMDes dalam aspek inovasi, digital marketing, serta kolaborasi dengan pihak eksternal agar produk UMKM memiliki daya saing lebih tinggi di pasar Kata Kunci: Entrepreneurial Marketing, UMKM, BUMDes, Pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SAB.24.0044 |
Uncontrolled Keywords: | Entrepreneurial Marketing,UMKM,BUMDes,Pemasaran |
Subjects: | Skripsi S1 > Administrasi Bisnis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1) |
Depositing User: | Sania Sania Yulianti |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 03:18 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 03:18 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |