STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN AGAMA KOTA CIREBON DALAM PENYEBARAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL

Mutaqu, Jasmine Mumtaz (2023) STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN AGAMA KOTA CIREBON DALAM PENYEBARAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (601kB)
[img] Text
3112217001_Jasmine Mumtaz_Skripsi.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (156kB)

Abstract

Humas pemerintah memiliki peran penting untuk memberikan akses informasi ke masyarakat luas karena masyarakat memiliki hak untuk memperoleh informasi. Berkenaan dengan perkembangan teknologi, humas perlu memaksimalkan penggunaan internet guna mendukung aktivitas di lingkungan pemerintah. Hal ini juga dilakukan oleh humas Kementerian Agama Kota Cirebon dalam menyampaikan dan menyebarluaskan informasi kepada khalayak luas menggunakan media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi humas Kementerian Agama Kota Cirebon dalam menyebarkan informasi haji melalui media sosial. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tahapan strategi menurut Fred R David yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang dilakukan humas Kementerian Agama Kota Cirebon dalam menyebarkan informasi menggunakan tiga tahapan. Tahap perumusan strategi meliputi pengembangan tujuan, mengidentifikasi peluang dan ancaman dari pihak eksternal serta menentukan kekuatan dan kelemahan secara internal. Tahap implementasi strategi dilakukan dengan menyampaikan semua informasi terkait ibadah haji melalui media sosial resmi seperti Instagram, Facebook dan YouTube. Tahap evaluasi strategi dilakukan setiap bulan mengenai interaksi yang ada di media sosial sebagai tolak ukur keberhasilan serta langkah yang harus diambil kedepannya. Kata Kunci : Hubungan Masyarakat, Media Sosial, Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.23.0052
Uncontrolled Keywords: Hubungan Masyarakat, Media Sosial, Strategi
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 04 Aug 2025 04:49
Last Modified: 04 Aug 2025 04:49
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6151

Actions (login required)

View Item View Item