POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DI MADRASAH DINIYYAH DALAM PEMBELAJARAN DASAR NILAI KEISLAMAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Madrasah Diniyyah Sublinaja Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat)

Utami Puji, Ayu (2025) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN MURID DI MADRASAH DINIYYAH DALAM PEMBELAJARAN DASAR NILAI KEISLAMAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Madrasah Diniyyah Sublinaja Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text
5.ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text
Bismillah SKRIPSI Ayu Utami Puji (3112201005) new.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[img] Text
Surat Plagiarisme-Ayu Utami Puji.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid di Madrasah Diniyyah dalam Pembelajaran Dasar Nilai Keislaman (Studi Deskriptif Kualitatif pada Madrasah Diniyyah Sublinaja Kecamatan Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi interpersonal antara guru dan murid di Madrasah Diniyyah Sublinaja dalam pembelajaran dasar nilai keislaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengacu pada Teori Komunikasi Interpersonal oleh Bochner (1978:336), yang menekankan bahwa komunikasi interpersonal melibatkan interaksi dua arah yang bersifat langsung untuk membangun hubungan yang mendalam dan bermakna. Selain itu, penelitian ini juga merujuk pada QS. Luqman ayat 12-19, yang menekankan tiga pilar utama dalam pendidikan Islam, yaitu aqidah, syari’ah, dan akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola komunikasi interpersonal antara guru dan murid di Madrasah Diniyyah Sublinaja bersifat sirkular. Dalam pola ini, guru tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga menerima umpan balik dari murid, baik dalam bentuk pertanyaan, respons verbal, maupun ekspresi nonverbal yang menunjukkan pemahaman mereka. (2) Implementasi pembelajaran dasar nilai keislaman dilakukan dengan berbagai metode, termasuk pengajaran, bimbingan, hafalan, dan praktik langsung. Materi yang diajarkan mencakup bacaan shalat, hafalan doa harian, Hifdzul Quran (Juz Amma) atau surat-surat pendek, adab-adab Islami, serta ajaran dasar lainnya. Pembelajaran ini mengacu pada tiga pilar utama pendidikan Islam dalam QS. Luqman ayat 12-19. (3) Namun, dalam proses komunikasi ini terdapat beberapa hambatan, baik dari faktor internal, seperti perbedaan tingkat pemahaman dan sikap murid, maupun faktor eksternal, seperti lingkungan belajar yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0014
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Guru dan Murid, Madrasah Diniyyah, Pembelajaran Nilai Keislaman
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mrs Ayu Utami Puji
Date Deposited: 14 Jul 2025 04:23
Last Modified: 14 Jul 2025 04:23
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item