Karimah, Siti Lum’ah (2022) PENGEMBANGAN STRATEGI BERSAING LOKAWISATA LERENG ANTENG PANORAMIC COFFEE PLACE BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (430kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
TA_Fix_Siti Lum'ah Karimah_2111181005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (362kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi bersaing yang cocok digunakan pada usaha lokawisata Lereng Anteng Bandung berdasarkan posisi menggunakan metode tiga tahap penetapan strategi Fred R. David. Pengembangan strategi diharapkan akan mampu mengatasi permasalahan menurunnya jumlah pengunjung dan pendapatan Lereng Anteng. Keadaan tersebut diperparah oleh ketatnya persaingan usaha sejenis mengingat banyaknya pesaing dalam bidang yang sama dengan jarak yang berdekatan. Adapun pengumpulan data primer dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner sederhana kepada para narasumber internal pegawai Lereng Anteng yang memahami betul objek penelitian. Selain itu data sekunder penelitian ini diperoleh dari beragam sumber seperti jurnal, artikel, internet, dan sebagainya. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan matriks IFE, matriks EFE, CPM, matriks IE, matriks SWOT, matriks SPACE, dan QSPM. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa internal Lokawisata Lereng Anteng sudah cukup baik, dalam arti berhasil dalam mengatasi kelemahan dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki. Sedangkan kondisi eksternal Lereng Anteng untuk saat ini kurang menguntungkan, yang artinya Lereng Anteng belum berhasil mengatasi ancaman dengan memanfaatkan peluang yang dimilikinya. Adapun strategi pengembangan produk sebagai strategi yang paling tepat digunakan oleh lokawisata Lereng Anteng Bandung menilai dari faktor internal dan faktor eksternal yang dimilikinya dengan perolehan nilai TAS sebesar 5,26. Selain itu diperoleh beberapa alternatif strategi lainnya yang dapat membantu memenangkan persaingan, diantaranya strategi penetrasi pasar dengan nilai TAS 5,15; strategi pengembangan pasar dengan nilai TAS 4,87; serta strategi integrasi dengan nilai TAS 4,75. Kata Kunci : Faktor Internal-Eksternal, Strategi Bersaing, Manajemen Strategis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STI.22.0021 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Faktor Internal-Eksternal, Strategi Bersaing, Manajemen Strategis |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Industri |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | user unggah 1 |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:05 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:05 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |