HUMAIRA, FARIDA (2025) ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA IKLAN AQUA "AQUA 100% MURNI, 100% INDONESIA" DALAM MENGHADAPI ISU BOIKOT PRODUK TERAFILIASI ISRAEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
Cover..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (151kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (203kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (159kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) |
![]() |
Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (176kB) |
Abstract
Tugas akhir ini berjudul Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Aqua “Aqua 100% Murni, 100% Indonesia” Dalam Menghadapi Isu Boikot Produk Terafiliasi Israel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan air mineral merek Aqua yang muncul setelah ramai isu boikot terhadap produk pro Israel, di mana perusahaan mulai menekankan identitas lokal melalui tagline tersebut. Iklan ini menegaskan bahwa Aqua merupakan produk asli Indonesia, yang telah menjadi pilihan air mineral masyarakat Indonesia sejak tahun 1973. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode semiotika Roland Barthes untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam pesan visual dan verbal pada iklan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa iklan tersebut membangun narasi lokalitas dan keaslian, memperkuat keterikatan emosional dengan masyarakat Indonesia. Ini menjadi strategi untuk mempertahankan loyalitas konsumen sekaligus merespon tantangan yang muncul dari isu boikot.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.25.0009 |
Uncontrolled Keywords: | Semiotika dan Iklan Aqua |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mrs Farida Humaira |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:17 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:17 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |