Lestari, Nurul Ayu (2025) POSISI CENTER OF GRAVITY (CG) SEBAGAI PENENTU STABILITAS ARAH KENDARAAN PADA SUZUKI CARRY PICK UP 1500cc. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
|
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (244kB) |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (172kB) |
|
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (220kB) |
|
|
Text
4. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (272kB) |
|
|
Text
5. BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (502kB) |
|
|
Text
6. SKRIPSI FULL WATERMARK.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text
8. CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (411kB) |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) |
Abstract
Stabilitas arah kendaraan merupakan parameter penting dalam analisis keselamatan dan performa dinamis, terutama pada kendaraan niaga ringan yang beroperasi dengan berbagai konfigurasi muatan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan posisi pusat gravitasi (Center of Gravity/CG), distribusi beban, gaya dan momen pada titik CG, tegangan lentur, serta kecepatan maksimum yang dapat dicapai tanpa kehilangan stabilitas arah pada tiga model kendaraan Suzuki Carry Pick Up 1500cc dengan variasi beban. Metode yang digunakan adalah pendekatan analitis melalui perhitungan momen terhadap titik tumpu, distribusi massa terhadap sumbu longitudinal (X) dan lateral (Y), serta estimasi batas kestabilan kecepatan kendaraan. Hasil perhitungan menunjukkan posisi CG masing-masing pada model 1 (X=517,5 mm; Y=644,2 mm), model 2 (X=735,6 mm; Y=593,2 mm), dan model 3 (X=925,2 mm; Y=549 mm). Gaya yang bekerja pada titik CG berturut-turut sebesar 1180 kg, 1580 kg, dan 2240 kg, dengan momen pada titik CG masing-masing 4412,21 Nm, 7136,8 Nm, dan 10771,5 Nm. Tegangan lentur yang terjadi pada kendaraan bertambah sesuai beban, yakni 136,18 Pa, 220 Pa, dan 332,45 Pa untuk model 1, 2, dan 3 secara berurutan. Kecepatan maksimum yang mampu dicapai kendaraan berturut-turut adalah 40 km/jam, 41,4 km/jam, dan 43,4 km/jam. Posisi CG yang lebih rendah dan terpusat menghasilkan distribusi beban yang lebih seimbang antara roda depan dan belakang, sehingga kendaraan mampu mempertahankan kestabilan arah pada kecepatan lebih tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya penempatan beban dan pengaturan distribusi massa yang tepat dalam kendaraan niaga ringan guna menjamin keselamatan operasional serta efisiensi performa kendaraan di berbagai kondisi pengangkutan. Kata kunci: Center of Gravity (CG), Distribusi Beban, Stabilitas Arah, Suzuki Carry Pick Up 1500cc, Tegangan Lentur, Kecepatan Maksimum
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | STM.25.00302 |
| Uncontrolled Keywords: | Center of Gravity (CG), Distribusi Beban, Stabilitas Arah, Suzuki Carry Pick Up 1500cc, Tegangan Lentur, Kecepatan Maksimum |
| Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
| Depositing User: | Nurul Ayu Lestari |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 02:59 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
