Surya Nugraha, Eka (2025) ANALISIS PERBANDINGAN PER CVT (CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSIONS) STANDAR DAN RACING TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA MOTOR ALL NEW AEROX 155CC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
Cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (143kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesaha.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (527kB) |
![]() |
Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (625kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (310kB) |
![]() |
Text
TUGAS AKHIR_EKA_SURYA_NUGRAHA_2115211030 .pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) |
![]() |
Text
Hasil Cek Plagiaris.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan performa antara sistem Continuously Variable Transmission (CVT) standar dan racing pada motor Yamaha All New Aerox 155cc, khususnya dalam hal torsi dan daya. Metode yang digunakan adalah pengujian dinamis menggunakan alat dyno test untuk mengukur daya dan torsi pada berbagai konfigurasi CVT, yaitu CVT standar, CVT dengan per racing 1.000 rpm, CVT dengan per racing 1.500 rpm, dan CVT dengan per racing 1.500 rpm plus roller 15 gram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CVT dengan per racing dan roller memberikan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan dengan CVT standar. Khususnya, kombinasi per racing 1.500 rpm dan roller 15 gram menghasilkan daya dan torsi tertinggi pada rentang putaran mesin tertentu, yang lebih cocok untuk penggunaan di jalan tol atau kecepatan tinggi. Sedangkan CVT standar lebih efisien untuk penggunaan sehari-hari di kota. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa modifikasi CVT dengan per racing dan roller dapat meningkatkan performa motor, tetapi perlu disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Untuk penggunaan harian di kota, CVT standar sudah cukup, sedangkan untuk kebutuhan kecepatan tinggi, modifikasi CVT racing lebih diutamakan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.25.0014 |
Uncontrolled Keywords: | CVT, daya, racing, standar, torsi, Yamaha All New Aerox 155cc |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Unnamed user with email ekasoeryanugraha07@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:02 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 04:02 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |