Menezes Fatima Gomes, Geovanio (2018) KAJIAN KERUSAKAN PERKERASAN JALAN DAN TROTOAR AKIBAT PENGARUH PERGERAKAN CURAH HUJAN DAN DEBIT BANJIR DENGAN PENDEKATAN UJI MODEL HIDROLIK LABORATORIUM PADA STUDI KASUS DAERAH PANYILEUKAN BANDUNG TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1.COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) |
![]() |
Text
2.KATA PENGANTAR.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (294kB) |
![]() |
Text
6. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (432kB) |
![]() |
Text
3. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (115kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (307kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (809kB) |
![]() |
Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Download (300kB) |
Abstract
Air hujan merupakan salah satu penyebab kerusakan perkerasan jalan dan trotoar, karena kontak air dengan perkersan jalan dan trotoar secara terus menerus dapat menyebabkan penelanjangan campuran dan daya tahan aspal. Untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh air hujan, kualitas drainase jalan yang baik sangat dibutuhkan. Drainase jalan yang baik harus mampu mengatur debit air yang masuk kedalam saluran, sehingga laju air dapat terkendali. Untuk mengendalikan air saluran samping jalan, kemiringan melintang dan memanjang sangat berpengaruh. Sebab dari kemiringan melintang, debit air dari badan jalan dan trotoar dapat diarahkan menuju saluran drainase, sehingga tidak terjadi genangan di badan jalan yang merusak perkerasan. Debit, Kecepatan, tekanan air, Energi Kinetik, Energi Potensial bisa mempengaruhi terjadi sedimentasi pada palung drainase, jika tampang drainase tidak bisa menyesuaikan faktor dari hidrolika tersebut Dalam penelitian perhitungan Debit Thompson (Qt), Debit aliran (q), Kecepatan (V), Kedalaman Gerusan (ds), Tekanan (P), Bilangan Froude (Fr), dimuat dalam bentuk Tabel dan Grafik untuk memudahkan pembacaan dari hasil yang didapatkan dan dapat menyimpulkan dari setiap hubungan-hubungan faktor hidrolika yang mempengaruhi terjadinya sedimentasi pada drainase. Dari hasil penelitian didapatkan besar debit aliran (Q) max = 0,01413 m3/det, terjadi pada percobaan ke 10, bukaan pintu air 5 cm. Sedangkan (Q) min = 0,00001 m3/det terjadi pada percobaan 1, bukaan pintu air = 0,5 cm. Debit Thompson memiliki hubungan dengan Kecepatan (V) karena bisa memperngaruhi terjadi sedimentasi pada drainase diawali dari gerusan atau kerusakan terhadap lereng yang selanjutnya berpotensi menjadi longsoran. Semakin besar debit thompson (q) maka semakin besar juga kecepatan aliran (V) yang terjadi, lalu semakin besar juga erosi di lereng sungai dan menghasilkan sedimentasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ST1.18.0033 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Drainase |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | mr pkl pkl |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:48 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:48 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |