MURTY CAHYANI, ANANDITA (2025) PEMANFAATAN MATERIAL LOKAL SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN PADA CAMPURAN ASPAL PORUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (137kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (158kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (67kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (266kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (328kB) |
![]() |
Text
6. SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (241kB) |
![]() |
Text
8. SURAT HASIL CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (232kB) |
Abstract
Pembangunan infrastruktur jalan yang andal dan berkelanjutan menjadi kebutuhan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi serta mobilitas masyarakat. Salah satu pendekatan inovatif yang digunakan adalah penerapan aspal porus, yaitu campuran beraspal yang memiliki rongga antar agregat untuk memungkinkan air meresap ke dalam tanah, sehingga mengurangi genangan dan meningkatkan keselamatan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan material lokal dari wilayah Jawa Barat sebagai bahan tambahan dalam campuran aspal porus serta menganalisis pengaruh penambahan dengan lateks terhadap karakteristik campuran. Material utama berasal dari PT. KCP Subang, sedangkan material lokal dari PT. BKL Bandung, dengan komposisi pencampuran 50% material normal dan 50% material lokal. Aspal yang digunakan adalah jenis penetrasi 60/70 dari Pertamina, yang dimodifikasi dengan penambahan 3% lateks untuk meningkatkan daya ikat antar partikel. Pengujian dilakukan di laboratorium secara eksperimental mengacu pada standar Road Engineering Association of Malaysia (REAM) 2008 dan SNI, meliputi uji Marshall, Cantabro, permeabilitas, serta karakteristik fisik agregat dan aspal. Hasil pengujian menunjukkan Kadar Aspal Optimum (KAO) sebesar 5,1%, dengan nilai stabilitas Marshall 1669,3 kg, kelelehan 3,32 mm, VIM 18,29%, dan Cantabro Loss sebesar 10,4% serta Permeabilitas 2,2%. Berdasarkan hasil tersebut, campuran aspal porus dengan material lokal dari PT. BKL Bandung memenuhi spesifikasi teknis dan layak digunakan sebagai lapisan perkerasan jalan dengan kinerja drainase yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STS.25.0057 |
Uncontrolled Keywords: | Porous asphalt, local materials, Marshall stability, REAM Specification |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Anandita Murty Cahyani |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:42 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 03:42 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |